PROSES PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA PROGRAM KEJAR PAKET C “HARAPAN BANGSA” DI UPTD SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR) UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

  • Dian Mustika Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Learning, Entrepreneurship, Packet C

Abstract

Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ungaran sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang memberikan bimbingan dan pembelaj aran Kew irausahaan untuk Kejar Paket C melalui kegiatan kreasi. Tujuan penelitian mendeskripsikan proses pembelajaran kewirausahaan pada program Kejar Paket C. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek Penelitian terdiri dari dari 1 Kepala SKB, 1 pamong, 2 tutor, dan 7 orang warga belajar Kejar Paket C “Harapan Bangsaâ€. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses pembelajaran kewirausahaan terdiri dari 3 tahap perencanaan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan yaitu dimulai dari menentukan tujuan pembelaj aran kewirausahaan, bahan belaj ar yang dibutuhkan dalam pembelaj aran kewirausahaan kreasi, metode pembelajaran, sumber belajar atau tutor, warga belaj ar, sistem penilaian hasil belaj ar, waktu dan tempat kegiatan pembelaj aran. Tahap pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dimulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup dan tahap evaluasi. Kendala dalam pembelajaran kewirausahaan yaitu antara lain adanya keterbatasan waktu dalam pembelajaran kewirausahaan, belum memiliki ruangan penyimpanan hasil pembelaj aran dalam kew irausahaan dan kurangnya tempat pemasaran hasi l produksi. Model yang digunakan dalam pembelajaran kewirausahaan adalah model mengajar keterampilan dengan menggunakan strategi atau pendekatan CBSA. Saran dalam penelitian ini dapat menambah sumber belajar yang lebih ahli dari luar, menambah waktu pembelajaran, lebih ditingkatkan daerah pemasarannya usaha atau produksi kedepannya sehingga hasil produksi lebih berdaya guna dan dibuatkan ruangan tersendiri khusus pembelajaran kewirausahaan.

References

Anderson, Lorin W & David R. Krathwohl, 2010. Pembelajaran, Pengajaran Dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Alma, Buchari. 2010. Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal Dan Informal. 2010. Modul 1 Membangun jiwa Kewirausahaan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Fakhruddin, dkk. 2012. Strategi Pengembangan Kewirausahaan Masyarakat. Semarang : Widya Karya Semarang.

http://Craft/kreasi-kerajinan-tangan.html diakses pada tanggal 06 Juni 2012

http://westaction.org/definitions/def_entrepreneurship_1.html diakses pada tanggal 23 Januari 2012.

Miles, Mathew B dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode — Metode Baru Terjemahan Tjejep Rohadi. Jakarta : UI Press.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryana, 2001. Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat.

Suryana, Sawa. 2008. Laporan Penelitian Terapan Model Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Di Kota Semarang. Semarang.

Published
2013-03-01
How to Cite
Mustika, D. (2013). PROSES PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA PROGRAM KEJAR PAKET C “HARAPAN BANGSA” DI UPTD SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR) UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v2i1.2796
Section
Articles