PROFIL PANTI SOSIAL PETIRAHAN ANAK DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DI SATRIA BATURADEN
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini, yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan profil Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden. (2) Untuk mendeskripsikan upaya pembentukan karakter yang di lakukan oleh Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini terdiri dari informan dan responden. Informan terdiri dari kepala seksi rehabilitasi sosial sebanyak 1 orang dan penerima manfaat sebanyak 5 orang, sedangkan responden terdiri dari pekerja sosial sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini Hasil penelitian yang diperoleh bahwa upaya pembentukan karakter anak di PSPA Satria Baturaden melelui metode keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, dan integrasi dan internalaisasi nilai-nilai karakter yang dimasukan kedalam kegiatan-kegiatan bimbingan sosial kepribadian, bimbingan fisik dan kesehatan lingkungan, bimbingan belajar, bimbingan mental spiritual, bimbingan bakat dan kreativitas.References
Aqib Zainal dkk. 2011. Panduan Dan Aplikasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Bandung: Yrama Widya
Aunillah Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Laksana
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hidayatullah Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
International Journal Of Character Education, Prevention, And Positive Youth Development, Victor Battistich University Of Missouri, St. Louis. 2011. Di akses dari internet:(http://www.character.org/wpcontent/uploads/2011/12/White_Paper_Battistich.pdf). Tanggal 26 Juli 2013
International Journal Of Social Sciences And Humanity Studies Vol 3, No 2, 2011 ISSN: 1309-8063 (Online). Di akses dari internet:(http://www.sobiad.org/eJOURNALS/journal_IJSS/arhieves/2011_2/aynur_pala.pdf). Tanggal 20 april 2013
Koesoema Doni. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo
Kurniawati Ida. 2008. Peran Panti Asuhan Yatimpiatu Dalam Pembinaan Moral Anak Di Panti Asuhan Yatim Piatu Gatot Soebroto Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Kusumastuti Esti. 2007. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ii Semester 1 SMK Negeri 3 Kendal Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Moleong Lexy J. 2010.Metodologi Penelitain Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Mumpuniarti. 2011. Pembelajaran Nilai Keberagaman Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Inklusi. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1231/1045(15april 2013)
Musfiroh Tadkiroatul. 2008. Character building:Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Tiara Wacana
Partuti Sri.2010. Penanaman Nilai Moral Anak Kalangan Keluarga TNI AD Di Asrama Batalyon Kavaleri 2 Tank Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.Skripsi. UNNES
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
UtamiDwi. 2007.Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Tingkah Laku Beragama Remaja Dengan Cara Sosialisasi Demokratis Di Desa Karang Bener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.Skripsi. UNNES
Wijayanti Atih. 2010. Pembentukan Kedisiplinan Anak Dalam Keluarga
Polisi Di Asrama Polsek Nalumsari Kebupaten Jepara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.