PENYELENGGARAAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI PAUD SIWI KENCANA KOTA SEMARANG

  • Linawati Zulfa Indra Laila Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Integrative Holistic,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan program PAUD Holistik Integratif, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif, (3) Mendeskripsikan evaluasi program PAUD Holistik Integratif, (4) Mendeskripsikan kelemahan dan kelebihan PAUD Holistik Integratif bagi orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian 5 orang, terdiri dari 1 pengelola, 1 tutor dan 3 warga belajar. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan program PAUD Holistik Integratif yang terdiri dari unsur pengelolaan; tujuan yaitu menambah pengetahuan orang tua, mengisi waktu luang, memberdayakan orang tua dan meningkatkan potensi orang tua dengan cara pemberian materi oleh sumber belajar; sasaran belajar yaitu orang tua (ibu); bahan ajar; metode belajar; alat bantu/media belajar; metode evaluasi; tempat dan waktu; instruktur/sumber belajar; rencana kegiatan dan jadwal kegiatan; dan anggaran dana. (2) pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif yang terdiri dari unsur kegiatan program, sumber belajar, materi, metode, waktu, media, dan sumber dana. (3) evaluasi program PAUD Holistik Integratif. (4) kelebihan dan kelemahan program PAUD Holistik Integratif bagi orang tua.

References

Adalilla, S. 2010. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Word Press

Aisyah, S. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ardiwinata, R. 1991. Materi Pokok Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam dan Universitas Terbuka.

Artikata. 2013. (Pengelola) tersedia [online] (http://www.artikata.com/arti-367784-pengelola.html) di unduh pada tanggal 21 Agustus 2013 pukul 18.30 WIB.

Bappenas. 2009. Pedoman Umum Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Jakarta: Unicef

Benyamin, S. 2010. Penelitian Profesor Bloom Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PustakaNila

David, F. 2006. Manajemen Strategis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Djamarah,dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, i. 2010. (Makalah PLS) tersedia [online] (http://idewi.blogspot.com/2010/06/makalah-pls.html) di unduh pada tanggal 21 Agustus 2013 pukul 18.40 WIB.

Fakhruddin. 2011. Evaluasi Program Pendidikan Nonformal. Semarang: Unnes Press

Freddy, R. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Google. 2013. (Penganggaran) tersedia [online] (https://sites.google.com/site/penganggaranperusahaan/pengertian-definisi-manfaat-tujuan-anggaran) di akses pada tanggal 21 Agustus pukup 18.00 WIB.

Hasan, M. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva Press

Hamruni. 2012. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press

Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Herawati, N. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Medio

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Published
2013-03-01
How to Cite
Indra Laila, L. (2013). PENYELENGGARAAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI PAUD SIWI KENCANA KOTA SEMARANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v2i1.2802
Section
Articles