PENGELOLAAN PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TINNGKAT DASAR PADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DEMAK

  • Eva Wahyuningtyas

Abstract

Pengelolaan diartikan sebagai suatu rangkaian pekerjaan atau usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk melakukan serangkaian kerja dalam mencapai tujan tertentu, sehingga tujuan yang diharapkan akan terwujud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan program pelatihan menjahit dan faktor pendukung dan penghambat serta manfaat hasil pelatihan . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Balai Latihan Kerja Demak. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 11 orang, yang terdiri dari 2 pengelola, 1 instruktur dan 8 peserta pelatihan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil pengelolaan program pelatihan meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan penilaian, faktor yang menjadi penghambat dalam pengelolaan program yaitu perencanaan terdapat penyusunan program yang yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan hasil akhir kegiatan program, dalam pengorganisasian kurangnya instruktur yang ahli dalam bidang, kurangnya pengawasan dalam penggerakan, dalam penilaian ketidaksesuaian antara hasil nyata dengan hasil yang dicapai , Faktor pendukung dalam pengelolaan program yaitu faktor dari dalam diantaranya pendidik, peserta, pengelola, sarana prasarana media, faktor dari luar mitra kerja, dampak positif yang diperoleh yaitu penegetahuan baik keterampilan maupun sikap.

Management is defined as a series of job or work done by a group of people to do a series of work in achieving certain Tujan, so that the expected goals will be realized. The purpose of this study is to investigate the management of tailoring training programs and supporting and inhibiting factors and the benefits of the training. This study used a qualitative descriptive approach. Research sites in Demak Training Center. Data were collected through interviews, observation, and documentation. The subject of the study a total of 11 people, consisting of 2 managers, 1 and 8 trainee instructors. The validity of the data in this study include: triangulation of sources and triangulation methods. Technique of analyzing the data used in this study include: data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions. Based on the research results of training program management including planning, organizing, mobilization, monitoring and evaluation, which is the bottleneck factor in program management including planning the preparation of programs that are not in accordance with what is expected and the final results of program activities, in the organization of the lack of skilled instructors in the field, the lack of oversight in the mobilization, the discrepancy between the real assessment of the results achieved, supporting factors in the management of the program that factors such as educators, participants, managers, media infrastructures, factors external partners, the positive effect is obtained penegetahuan both skill and attitude

References

Atmodiwino, Soebagio. 2002. Manajemen Pelatihan, Jakarta Abadi Zya Jaya.

D. Sudjana, 2005. Strategi Pembelajaran dalam Pendidikan Luar Sekolah, Bandung : Falah Production.

D. Sudjana. 2000. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah. Bandung : Falah Production.

H. Simamora. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Bagian Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPKN.

John. 2002. Training And Development Practices In An Practis Organisation An Intervention To Enhance Organitasional Efecttiveness. Diunduh pada tanggal 18 Februari pada pukul 11.45

Loehr. 2001. Helping Student Manager Their Energy Taking Their Pulse With The

Energy Audit. Diunduh pada tanggal 16 Februari 2013 pukul 10.35 WIB

Milles, M.B. dan Huberman,A. M. (1992) Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjejep Rohendi, Jakarta, UI Press.

Moleong, J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya. Moleong, J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya. Mulyasa, E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dn 115 ganisasi Pendidikan. Jogjakarta : Ar¬Ruzz Media.

Oemar Hamalik. 2001. Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta : Bumi Aksara.

Siagin, Sondang P. 2002. Fungsi -fungsi Manajerial. Jakarta : Bumi Aksara.

Soebagio Atmodiwirio. 2002. Manajemen Pelatihan. Jakarta : PT Rineka Cipta. Sudjana. 2002. Manajemen Program Pendidikan. Bandung : Falah Production. Sutomo. 2006. Manajemen Sekolah. Semarang : UNNES PRESS.

Salim, Agus, 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial, Jogyakarta, Tiara Wacana

Published
2012-08-01
How to Cite
Wahyuningtyas, E. (2012). PENGELOLAAN PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TINNGKAT DASAR PADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DEMAK. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.2812
Section
Articles