PROFIL PENDIDIKAN KELUARGA MISKIN (STUDI PADA KELUARGA BURUH DI PERKEBUNAN TEH PAGILARAN)
Abstract
Keadaan sosial ekonomi keluarga miskin mempunyai pengaruh terhadap perkembangan anak, keluarga yang perekonomiannya cukup tidak ditekankan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga perhatian orangtua dapat dicurahkan kepada anaknya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah profil pendidikan anak, proses pendidikan anak, dan upaya yang dilakukan keluarga buruh miskin dalam pendidikan anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil pendidikan anak, proses pendidikan anak, upaya yang dilakukan keluarga buruh miskin dalam pendidikan anak. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Subyek penelitian yaitu enam buruh dan enam anak keluarga buruh miskin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan model interaktif melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa pendidikan anak dalam keluarga sangat mempengaruhi perilaku anak di lingkungan masyarakat maupun sekolah. Peran orangtua sangat diperlukan dalam memotivasi anak dengan cara menemani dan mengingatkan untuk belajar, dan mengajarkan norma agama. Simpulan penelitian ini bahwa keluarga buruh miskin lebih megutamakan pendidikan demi masa depan anak. Saran yang diajukan peneliti yaitu orangtua diharapkan untuk memperhatikan proses belajar dan berperilaku sesuai dengan etika dan norma budaya masyarakat sebagai pedoman bagi anak-anaknya.
Socio-economic situation of poor families have an influence on the development of children, families whose economies are not sufficiently emphasized in meeting their needs, so that attention can be devoted parents to their children. The problem in this study is the profile of the child's education, the education of children, families and the efforts of poor workers in children's education. The purpose of this study is to describe the profile of children's education, the education of children, the efforts made poor working-class family in the education of children. The approach in this research is a qualitative approach. The research location Keteleng Village, District Blado, Batang. The research subjects are six labor and poor working-class family of six children. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data validity checking techniques using triangulation data. Analysis of data using an interactive model through four stages: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study that the education of children in the family greatly affect children's behavior in the community and schools. The role of parents is necessary in a way to motivate children to learn and remind accompany and teach religious norms. The conclusions of this study that the families of poor workers more prioritize education for the future of the child. Researchers at the suggestions that parents are expected to pay attention to the process of learning and behaving in accordance with the ethical and cultural norms as guidelines for their children.
References
Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Sosiologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad, Nazili Shaleh. 2011. Pendidikan Dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media.
Farly, Alvido Yuni. 2010. Skripsi Profil Buruh dan Perannya Dalam Pendidikan Keluarga. Semarang: UNNES Press.
Hasbullah. 2001. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Khairuddin, H. 2002. Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Moeslim, Mulia. 2006. Psikologi Populer Membangun Keluarga Bahagia. Jakarta:Sinar Harapan.
Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Siahaan, Amin. 2010. “Diskriminasi Pendidikan Di Perkebunan â€. Jakarta:Durat Bahagia.
Sudjana, Ahmad. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Todaro, Michael. 2000. “Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga â€. Jakarta: Erlangga.
Unbiyati, Nur. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
http://www.wordpress.com/pendidikannilaimoralanakpadakeluargaburuhwanita. (diunduh 17 Maret 2012).
http://id.wikipedia.org/wiki/PendidikanKeluarga (diunduh pada 17 Maret 2012).