POLA PENDIDIKAN ANAK USIA 6-12 TAHUN YANG DITINGGAL MERANTAU ORANGTUA (KASUS DI DUKUH KETENGAHAN DESA LEBAKSIU KIDUL KEC. LEBAKSIU KAB. TEGAL)

  • Neza Irma Nurbahria Rizqi
Keywords: Patterns of Child Education, Social Emotional Development of Children

Abstract

Orang tua menjadi pelaku utama dan pertama dalam mendidik dan mengasuh anak dalam lembaga pendidikan informal yaitu keluarga, tapi bagaimana jika orang tua pergi bekerja merantau ke luar kota. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah: (a) mendeskripsikan pola pendidikan anak usia 6-12 tahun yang ditinggal merantau orang tua di Dukuh Ketengahan Desa Lebaksiu Kidul Kec. Lebaksiu Kab. Tegal, (b) Mendeskripsikan perkembangan sosial emosional anak usia 6-12 tahun dari orang tua yang merantau. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek menggunakan tiga pola pendidikan atau asuh yaitu (a) pola permisif, (b) pola otoriter, dan (c) pola demokrasi. Namun baik pengasuh maupun ibu kandung cenderung menggunakan pola asuh permisif. Pemilihan pola asuh tersebut disebabkan oleh faktor pendidikan ibu asuh, ekonomi keluarga, dan pekerjaan orang tua. Anak berpola asuh permisif kurang bisa bersosialisasi baik cenderung mempunyai sifat mendominasi tidak mau kalah sedangkan pola otoriter cenderung pendiam hanya mengikuti saja, keduanya terbukti mempunyai dampak yang kurang baik terhadap sosial emosional anak. Berbeda dengan pola asuh demokrasi yang mempunyai dampak baik untuk perkembangan sosial emosional, anak menjadi mempunyai teman banyak karena pintar menempatkan diri di lingkungan sosial.

Parents are the main actors and the first in educating and caring for children in informal educational institutions, namely the family, but what if the parents go to work migrated out of the city. Thus the aim of this study was: (a) describe the pattern of education of children aged 6-12 years who were left to wander the old man in the village of Hamlet Ketengahan Lebaksiu Kidul district. Lebaksiu Kab. Tegal, (b) to describe the social emotional development of children aged 6-12 years from the parents who wander. The results showed that subjects using three education or parenting patterns are (a) permissive pattern, (b) authoritarian pattern, and (c) the pattern of democracy. But both caregiver and mother tend to use permissive parenting. Selection of parenting is due to educational factors foster mother, family economics, and working parents. Children less permissive parenting patterns can socialize well tend to have properties not to be outdone while dominating authoritarian patterns tend reserved only followed, both shown to have adverse implications for social emotional. Contrary to the democratic parenting have a good impact on social emotional development, children are having a lot of friends because smart to put yourself in a social environment.

References

Aisyah, St. 2010. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Agresivitas Anakâ€. Ju rn a l MEDTEK 2 (1).

Chatib, Munif. 2012. Orangtuanya Manusia. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Fataruba, Purwatiningsih, Wardani. 2009. “Hubungan Pola Asuh Dengan Kejadian Kekerasan Terhadap Anak Usia Sekolah (6-18 Tahun) Di Kelurahan Dufa-Dufa Kecamatan Ternate Utaraâ€. KES MAS 3 (3): 171.

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik) . Bandung: Pustaka Setia.

Godam64. 2008. Jenis/ Macam Tipe Pola Asuh Orangtua Pada Anak & Cara Mendidik/ Mengasuh Anak Yang Baik. http://organisasi.org/jenis-macam-tipe-pola-asuh¬orangtua-pada-anak-cara-mendidik-mengasuh-anak-yang-baik.html@ copyright 7 Desember 2012.

Gunarsa, Singgih D, Yulia Singgih D Gunarsa. 2008. Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Maccoby, E. 1980. Social Development; Psychological Growth and the Parent – Child Relationship. New York: Harcout Brace Jovanovich, Inc.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Keluarga. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Rawson, Laeni and Aino Ugaste.“Social change and Estonian parents’ time allocation to their

childern.†Journal of Comparative Family Studies. 43.4 (2012):583+. Gale

Education, Religion, and Humanities Lite Package. Web. 24 January 2013.

Soeparwoto. 2007. Psikologi Perkembangan. Semarang: UPT MKK UNNES

Sudono, Anggani. 1999. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak. Bandung: Nusantara Perss.

Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Published
2012-08-01
How to Cite
Rizqi, N. (2012). POLA PENDIDIKAN ANAK USIA 6-12 TAHUN YANG DITINGGAL MERANTAU ORANGTUA (KASUS DI DUKUH KETENGAHAN DESA LEBAKSIU KIDUL KEC. LEBAKSIU KAB. TEGAL). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.2815
Section
Articles