PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK MELALUI MANAJEMEN PROGRAM GUGUS PAUD KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan perencanaan program dalam mengembangkan profesi pendidik, pengorganisasian Gugus PAUD dalam pembagian tugas dan wewenang, pelaksanaan program, dan pengendalian pada setiap program Gugus PAUD. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari enam ketua pengurus gugus PAUD, satu sekretaris, satu bendahara dan tiga anggota Gugus Nangka. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis mengalir. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa manajemen program Gugus PAUD dalam mengembangkan profesi pendidik sangat efektif dan efisien, dilihat dari kegiatan manajemennya yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Proses perencanaan melibatkan semua anggota dalam memutuskan program yang akan dilaksanakan, anggota diperbolehkan menyampaikan ide dan gagasannya. Dalam pengorganisasian, semua anggota mendapatkan kesempatan untuk ikut andil dalam kegiatan program yang telah direncanakan. Pelaksanaan, melibatkan semua anggota untuk menjadi tutor kegiatan inti dalam mempresentasikan keterampilan. Pengendalian melatih para anggota gugus untuk tetap konsisten dengan tema yang sudah dijadwalkan, penyimpangan yang terjadi segera diberi solusi untuk kedepannya. Melalui manajemen kegiatan Gugus PAUD bahwa perencanaan melatih pendidik merencanakan program kegiatan pembelajaran, pengorganisasian melatih pendidik melaksanakan tugas dan kewajiban yang diemban, pelaksanaan melatih pendidik untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan, dan pengendalian melatih pendidik untuk meluruskan penyimpangan yang tidak sesuai dengan tujuan atau rencana yang sudah ditetapkan.
Â
This study aimed to describe the program planning in developing professional educators, organizing force in the early childhood division of tasks and responsibilities, implementation of Earl childhood programs Cluster and control groups on any early childhood program. This study uses qualitative research, data collection was done by interview, observation, and documentation. Informants chairman of the board consists of six groups of early childhood, one secretary, one treasurer and three members of the group Jackfruit. Triangulation used is triangulation. Data analysis using flow analysis model.
The results of the study showed that the program management groups in developing the profession of early childhood educators is very effective and efficient, in terms of Management Activities including planning, organizing, implementing, and controlling. The planning process involves all the members in deciding which programs will be implemented, members are allowed convey his ideas. In the organization, all members have the opportunity to contribute in a program of activities that have been planned. Implementation, involving all members of the core activities to be tutors in presenting skills. Control group members train to stay consistent with the theme that has been scheduled, deviations that occur immediately given a solution for the future. Through cluster management activities can be concluded that early childhood educators plan programs to train planning learning activities, organizing training educators duties and responsibilities carried, the implementation of training educators to work together to achieve goals, and controlling train educators to straighten irregularities that do not fit with the purpose or plan has been set.
References
Daft, Richard L. 2010. Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
Fadaain. 2009. Pengembangan Profesi Pendidik (Guru). Diambil pada tanggal 18 Februari 2014 jam 11.00 WIB dari http://www.wordpress.co.id
Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Setiasih, Ocih. 2001. Etika Profesi. Diunduh pada tanggal 12 Januari 2014 pukul 09.00 WIB http://Upi.Edu/Direktorat FIP/Jur_Pedagogik
Siraj, John B. 2009. Editorial: Education For Sustainable Development In
Early Chilhood. Internasional Journal Of Early Chilhood Vol.41, No 2 2009. New York, Sect 26 p239
Sutomo. 2010. Manajemen Sekolah (7 th Ed). Semarang: UNNES Press.