PENYELENGGARAAN PROGRAM DI POS PAUD CINTA IBU DI DESA PANGEMPON KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG

  • Sigit Dwi Handoko Gedung A2 Lantai 2 FIP Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
  • Achmad Rifai RC Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: The program, An early childhood

Abstract

Pendidikan dan kesehatan merupakan unsur penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bagi anak usia dini, hal tersebut mendorong perlunya pendirian lembaga PAUD yang berkualitas, salah satunya melalui program Pos PAUD.  Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimanakah perencanaan program di Pos PAUD Cinta Ibu, (2) Bagaimanakah pelaksanaan program di Pos PAUD Cinta Ibu, (3) Bagaimanakah pengawasan program di Pos PAUD Cinta Ibu. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Menganalisis perencanaan program di Pos PAUD Cinta Ibu, (2) Menganalisis pelaksanaan di program Pos PAUD Cinta Ibu, (3) Menganalisis pengawasan program di Pos PAUD Cinta Ibu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 4 orang pengelola dan 1 orang penilik. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi. Teknik penganalisisan data yang digunakan yaitu dengan (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah  dalam perencanaanya Pos PAUD memiliki tujuan (a) Memberikan layanan PAUD yang berbasis Kemasyarakatan, (b) Memberikan pengetahuan bagi orangtua, (c) Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif bagi anak dan orangtua. Pos PAUD Cinta ibu di pimpin oleh seorang ketua dan para kader. Pelaksanaan program di Pos PAUD Cinta Ibu meliputi kegiatan pendidikan anak usia dini, Bina Keluarga Balita dan Posyandu, Pos Paud Cinta Ibu berada di bawah naungan PKK, Sumber belajar kegiatan di Pos PAUD Cinta Ibu yaitu dari kader dan anggota puskesmas, metode belajar yang digunakan adalah ceramah, media belajar  yang digunakan adalah alat permainan edukatif dan buku panduan, materi yang diberikan yaitu tentang pendidikan dan kesehatan, waktu pelaksanaan setiap hari jum’at. Pengawasan yang dilakukan di Pos PAUD Cinta Ibu yaitu monitoring dari tim pengawas dan pembuatan laporan pelaksanaan program oleh pengelola Pos PAUD, waktu pelaksanaan monitoring dilakukan setiap  satu bulan sekali, sedangkan untuk laporan pelaksanaan program satu tahun sekali.Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan sebagai berikut, dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program di Pos PAUD Cinta Ibu hendaknya pengelola perlu menyusun visi misi dan mempersiapkan rencana kegiatan tahunan, dalam pelaksanaan hendaknya pengelola dan kader lebih aktif dan kreatif dalam pelaksanaaan kegiatan agar lebih inovatif dan mampu berinovasi dengan kebutuhan belajar, dalam pengawasan hendaknya lebih ditingkatkan dan dilaksanakan secara rutin agar pelaksanaan program Pos PAUD dapat berjalan maksimal

 

Education is an important element in the health and the growth and development for early childhood, this is the program to promote the establishment of good quality one of the programs by the program. A draft in this research are:( 1 ) in the early childhood planning program how can the Cinta ibu,( 2 ) the execution of a program in a program how can the Cinta Ibu,( 3 ) the execution of a program in a program how can the Cinta Ibu.  The aim of this research is in:( 1 ) to analyse planning program in the Cinta Ibu , early childhood( 2 ) the implementation of the program of analyzing the Cinta Ibu,( 3 ) to analyse the monitoring the program in the Cinta Ibu.This research using qualitative approach. Technical data used by interview observation and documentation. The subject of this research are 5 people consist of four people of the management and bishops.Of the legitimacy of the data used in this research are trianggulasi. Technical data analysis of its use is by ( 1 ) the reduction of the data, ( 2 ) the presentation of data, ( 3 ) the conclusion.The result of this research was planning program has the aim ( a ) to provide services program based on community, ( b ) provides knowledge for parents ( c ) to leisure activities positive for children and parents. The program in the Cinta Ibu was led by the head of the women.The program in the Cinta Ibu program covering the early childhood education, toddlers family development and posyandu, Cinta Ibu is a program of pkk at the bottom the studying activity on the program of Cinta Ibu was and is a member of the clinic; method; medium; material; activity; mark; a time, learning method is applicable in lectures, media belajara used is an educational and the guidebooks, the material given that education and health care, every friday when the. The supervision conducted on the program of Cinta Ibu is making supervisory team monitoring the implementation of the programme and the management of the program, when the monitoring conducted every once a month, while for the implementation of the programme once a year.Based on the research, advice given as follows, In the planning, and supervision of the implementation of the program of Cinta Ibu to prepare management should prepare the vision and mission of the annual, In the implementation of the management and members should be more creative and active in pelaksanaaan activities to be innovative and to the need to learn to innovate, Under surveillance should be improved and held routinely so that the implementation of the program can run optimally.

References

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Belawati, Tian. 2003. Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, 2011 Petunjuk Teknis Penyelenggaraan POS PAUD. Jakarta.

Journal of Extension. 2011. (Teaching Child Care Providers to Reduce the Risk of SIDS) tersedia (online) (http://www.joe.org/joe/2011april/rb3.php).

Mukminin, Amirul. 2010. Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: Unnes Press.

Nurhalim, Khomsun. 2014. Strategi Pendidikan Non Formal. Semarang: Unnes Press

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2011. Perencanaan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arief. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Published
2014-10-15
How to Cite
Handoko, S., & Rifai RC, A. (2014). PENYELENGGARAAN PROGRAM DI POS PAUD CINTA IBU DI DESA PANGEMPON KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v3i2.3742
Section
Articles