PERAN KADER BINA KELUARGA BALITA DALAM PENGELOLAAN POS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU KELURAHAN TEGALREJO KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA

  • Bayu Aji Prasetyo
  • Bagus Kisworo Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Role, BKB cadre, Post Management early childhood education.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengelolaan, peran kader Bina Keluarga Balita (BKB) dalam pengelolaan, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kader BKB dalam pengelolaan Pos PAUD Kasih Ibu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kader BKB Pos PAUD Kasih Ibu yang berjumlah 5 orang dan 1 orang pengelola Pos PAUD Kasih Ibu. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dibuktikan dengan triangulasi data. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengelolaan yang dilaksanakan pada Pos PAUD Kasih Ibu mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, penilaian, pembinaan hingga proses  pengembangan, begitupula yang terjadi dari peran kader BKB. Proses perencanaan kegiatan pembelajaran tidak memiliki sistematika yang jelas. Kepemimpinan yang dilakukan di Pos PAUD Kasih Ibu terjalin secara kekeluargaan. Pemanfaatan sumber daya dalam pengorganisasian yang ada dilakukan dengan efektif. Evaluasi dilaksanakan dari dinas UPTD kecamatan dan dari pihak BKKBN. Kegiatan pembinaan dari masyarakat sekitar. Pengembangan yang dilakukan dengan melengkapi APE, pengetahuan dan ketrampilan kader yang ditingkatkan dalam mendidik serta mengasuh anak. Faktor pendukung yaitu adanya kerjasama yang baik dengan lingkungan sekitar dan faktor penghambat adalah masalah biaya yang sedikit dan tugas kader yang bekerja secara sukarela.

The goal of this research include: to determine the management, the role of the management BKB cadre, what factors that support and hinder BKB cadres in the management of Kasih Ibu early childhood Postal. This study uses qualitative research. The subjects were BKB cadres  Kasih Ibu Post ECD numbering 5 people and 1 person ZIP manager Kasih Ibu Post ECD. Data validity is evidenced by the triangulation of data. Data were collected by means of interviews, observation, and documentation. Data analysis using interactife analysis model. Conclusions from the study include: management of Kasih Ibu Post ECD held on from planning, organizing, assessment, coaching up the development process; BKB cadre role in the management Kasih Ibu post ECD role in the planning process to development. Postal management planning process Kasih Ibu early childhood does not have a systematic learning activities are carried out in the Post.  Leadership exercised in ZIP Kasih Ibu ECD entwined in a family. Utilization of resources within the organization that is leaders, cadres, toddlers and parents of all parties associated with the smooth progress and activities in Kasih Ibu early childhood Postal. Evaluations are conducted from offices UPTD districts and from the BKKBN. Development activities of the surrounding community. Factors inhibiting and supporting a cadre of BKB in managing Kasih Ibu early childhood Postal.

References

Afifuddin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia

Ahmadi, Abu. 2009. Psiokologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta

Amyardi. 2011. Modul 6 : Bisnis dan Manajemen. Jakarta : Pusat Pengembangan Bahan Ajar UMB

Ariesta, Nana Pramudya. 2011. Peran Kader Bina Keluarga Balita dalam Upaya Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Melalui Layanan Bina Keluarga Balita (Studi Deskriptif di BKB Kasih Ibu I Kelurahan Bulukerto Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri). Semarang : Unnes

BKKBN. 2009. Panduan Operasional BKB. Provinsi Jawa Tengah

BKKBN. 2013. Pengasuhan dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak. Provinsi Jawa Tengah

BKKBN. 2013. Pengasuhan dan Pengembangan Anak Usia Dini Melalui Bina Keluarga Balita. Provinsi Jawa Tengah

Depdiknas Dirjen PLS Direktorat PAUD

Depdiknas. 2006. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta:

Ernawati. 2010. Pengelolaan Paud Terintegrasi Posyandu Di Pos Paud Tunas Bangsa. (http://agus.blogchandra.com/standar-pengelolaan-pendidikan) diunduh pada tanggal 1 Januari 2014 pukul 15.00 WIB.

Fitroni. 2009. Pengelolaan Pos Paud Rosalia RW VI kelurahan Penanggungan. (http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/pengelolaan-pendidikan-anak-usia-dini-di-pos-paud-rosalia-rw-vi-kelurahan-penanggungan-kecamatan-klojen-kota-malang-achmad-didit-fitroni-40105.html) diunduh pada 20 Maret 2014 pukul 18.20 WIB.

Hibana. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : PGTKI Press.

Husaini, Usman. 2004. Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Surabaya: Bumi Aksara.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : Alfabeta

James. 2004. Kamus Lengkap Psikologi Umum. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Santoso, Soegeng. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Citra Pendidikan.

Suyadi. 2011. Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Published
2014-04-10
How to Cite
Prasetyo, B., & Kisworo, B. (2014). PERAN KADER BINA KELUARGA BALITA DALAM PENGELOLAAN POS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU KELURAHAN TEGALREJO KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v3i1.4086
Section
Articles