Pembinaan Masyarakat Putus Sekolah melalui Kegiatan Pembelajaran Terintegrasi Life Skill pada Program Kejar Paket B

  • Muhammad Athar Asmas Pendidikan Nonformal, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Ilmar Andi Achmad Pendidikan Nonformal, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bulukumba

Abstract

Penelitian ini mengkaji Penyelenggaraan Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di SKB Bulukumba. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C Terkhusus pada Proses Pembelajaran Paket C Di SKB Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C terkhusus pada proses pembelajaran Paket C Di SKB Bulukumba. Sumber data dalam penelitian ini meliputi 4 orang tutor di SKB Bulukumba. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di SKB Bulukumba . Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian yaitu Keterlibatan pendidik/tutor, di SKB Bulukumba sebelum memulai pembelajaran tutor melakukan persiapan dengan baik seperti Silabus dan RPP, menyiapkan bahan ajar, menggunakan metode dan pendekatan yang memudahkan warga belajar dalam memahami materi yang disampaikan. Keterlibatan warga belajar, Pelaksanaan pembelajaran warga belajar menyiapkan alat tulis yang digunakan untuk mencatat materi yang disampaikan oleh tutor. Dalam penyelenggaraan program kesetaraan di SKB Bulukumba terlihat antusias warga belajar dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurikulum, di SKB Bulukumba dalam pelaksanaan program kesetaraan paket C terdapat mata pelajaran, jadwal dan ruangan belajar. Mata pelajaran yang diajarkan kepada warga belajar seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan PKN. Jadwal ditentukan oleh warga belajar dan tutor sedangkan ruangan belajar disiapkan oleh pengelola SKB.

Published
2020-12-29
How to Cite
Asmas, M., & Achmad, I. (2020). Pembinaan Masyarakat Putus Sekolah melalui Kegiatan Pembelajaran Terintegrasi Life Skill pada Program Kejar Paket B. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.43675