PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI DI RUTAN BANJARNEGARA

  • Yoga Tri Waluyo Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Liliek Desmawati Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: motivation to learn, the role of the tutor, the approach Andragogy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : mendeskripsikan peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui pendekatan andragogi di Rumah tahanan negara Klas II B kabupaten Banjarnegara, mendeskripsikan pendekatan andragogi meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Rumah tahanan negara Klas II B Kabupaten Banjarnegara, mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik di Rumah tahanan negara Klas II B Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 6 orang, yang terdiri dari 3 orang tutor pendamping dan 3 orang peserta didik/warga binaan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dengan teknik interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: Peran tutor antara lain pemberian pengarahan, menjelaskan tujuan pelatihan, penjelasan penggunaan metode dan media pelatihan. Andragogi membantu motivasi program pelatihan di dalam rumah tahanan negara klas II B kabupaten banjarnegara dengan peserta didik atau warga binaan yang berusia dewasa, pemberian motivasi bisa berupa pujian dan saran, tanpa adanya hukuman. Motivasi belajar di rutan sedang.

The aim of this study are:) describe the role of tutors in increasing the motivation of learners through approach Andragogy in House state custody Class II B district Banjarnegara, describe the approach andragogi increase motivation of learners in the House state custody Class II B Banjarnegara, describe the motivation of learners in the House of state inmates Class II B Banjarnegara. This study used a qualitative descriptive approach. The technique of collecting data using interviews, observation, and documentation. The research subjects are 6 people, consisting of 3 persons companion and tutor 3 students / inmates. Data validation techniques using triangulation and triangulation methods. Data analysis techniques were used: data collection, data reduction, presentation of the data, concluding with interactive techniques. The results obtained from this study: The role of tutors, among others, the provision of guidance, explaining the purpose of training, explanation of the use of methods and media training. Andragogy help motivational training program in a detention class II B banjarnegara districts with students or adults aged inmates, providing motivation could be praise and suggestions, without penalty. Motivation to learn in the crease being.

References

Achmad Rifa’i RC. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: Unnes Press.

Anni, Catharina T, dkk, 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press

Djiwandono, S.E.W, 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Khomsun Nurhalim, 2007. Strategi Pembelajaran Orang Dewasa. UNNES

Lexy J. Moeloeng. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saleh Marzuki, 2010. Pendidikan Non Formal. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suprijanto. 2007. Pendidikan Orang Dewasa (Dari Teori Hingga Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Tim Penyusun Kamus Besar . 1989. “Kamus Besar Bahasa Indonesia†. Jakarta: Balai Pustaka.

Zainudin Arif. 2012. Andragogi. Bandung: Penerbit Angkasa

http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4b22ef6f96658/perbedaan-dan-persamaan-rutan-dan-lapas (diakses 10 Juni 2014 pukul 22.00)

http://www.kemenkumham.go.id/ (diakses 11 Juni 2014 pukul 19.30)

Surat Keputusan Menteri Kehakiman No. M.04.UM.01.06 Tahun 1983 tentang Penetapan Lembaga Pemasyarakatan Tertentu sebagai Rumah Tahanan Negara

How to Cite
Waluyo, Y., & Desmawati, L. (1). PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI DI RUTAN BANJARNEGARA. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i1.8039
Section
Articles