PROSES PENGASUHAN TAMAN PENITIPAN ANAK (STUDI PADA TAMAN PENITIPAN ANAK DEWARUCI KIDS KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK)

  • Mikyarul Elma Oktaviana Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Utsman Utsman Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: the process of parenting, Children’s day care

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman pendidikan dan pengalaman mengasuh, proses pengasuhan dan hasil pengasuhan di Taman Penitipan Anak Dewaruci Kids Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian 4 pengasuh dan 1 kepala sekolah. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1)  Pengalaman mengasuh dan pengalaman pendidikan pengasuh di TPA Dewaruci Kids tergolong cukup memadahi karena sudah mengikuti beberapa pelatihan dan seminar, untuk pengalaman pendidikan sudah memenuhi standar minimal yang ditetapkan oleh satuan PAUD yaitu lulusan minimal SMA sederajat, (2) Proses pengasuhan tergolong cukup memadahi karena mulai dari perencanaan hingga  pelaksanaan terkonsep dengan rapi sesuai dengan NSPK (norma, standar, prosedur, kriteria) penyelenggaraan Taman Penitipan Anak yang ditentukan oleh Dirjen PAUDNI, (3) Hasil pengasuhan tergolong memadahi karena tersedianya sarana prasarana, APE indoor maupun outdoor masih layak pakai, tempat tidur yang nyaman, memperhatikan kandungan makan, pemeriksaan cek kesehatan setiap bulannya, serta sarana pendukung lainnya seperti buku administrasi, rak buku, loker dan komputer yang memadahi.

This study aims to describe the experience of education and parenting  experiences, the process of parenting and to describe the results of parenting in Dewarucu children’s day care kabupaten Demak. This research used the qualitative approach with descriptive methods, the techniques of data collection are done with the interview, observation, and documentation. The subject of the research are four caretakers and one headmaster. The validity of the data used is the triangulation of data sources. The technique of data analysis used is descriptive qualitative with the stage as follows: data collection, data reduction, with drawal and presentation conclusions. The resultconclusion of the study are (1) the experience of parenting and caregiver education  in TPA dewaruci is adequate enough because it already follows some trainings and seminars for educational experience already meets the minimum standards set by PAUD the minimum high school graduate on the same level, (2) the process of parenting is quite adequate as starting from the planning to the concept of implementation neatly with NSPK (norm, standards, procedures, criteria) the children's day care is determined by the Director-General of PAUDNI, (3) results of parenting is adequate because of the availability of infrastructure, the APE is still decent indoor and outdoor wear, comfortable beds, pay attention to the content of the meal, an examination of health checks every month, as well as other supporting facilities like administration books, bookshelves, liqueur and computers are adequate.

 

References

S. Rahman, Hibana. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press

Utsman. (2013). Pengembangan instrumen asesmen pencapaian perkembangan anak usia dini di taman kanak-kanak. Disertasi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Santrock, John. (2002). Adolescence: New York. McGraw Hill.

Sarumpaet, R. I. (2005). Rahasia mendidik anak. Bandung: Indonesia Publishing House.

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD TPA-K-TK/RA mendirikan, mengelola dan mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Martuti. (2010). Mendirikan dan megelola PAUD manajemen administrasi & strategi pembelajaran. Bantul: kreasi wacana.

Mentri Pendidikan Nasional Nomor 58. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

How to Cite
Oktaviana, M., & Utsman, U. (1). PROSES PENGASUHAN TAMAN PENITIPAN ANAK (STUDI PADA TAMAN PENITIPAN ANAK DEWARUCI KIDS KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.8049
Section
Articles