PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF UNTUK PROGRAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN

  • Tiara Rahmania Martharini Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Ach. Rasyad Jurusan PLS Pascasarjana Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No 5, Malang 65145
  • Djauzi Moedzakir Jurusan PLS Pascasarjana Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No 5, Malang 65145
Keywords: model pembelajaran, transformatif, anak jalanan, buku panduan

Abstract

Di Indonesia masih banyak anak jalanan yang telah mengikuti pendampingan, tetapi tetap kembali ke jalanan. Menurut Wahyuni (2009:174) “pendampingan anak jalanan akan memperoleh keberhasilan apabila mampu mengubah dan menyentuh mindset anak jalanan disamping mementingkan hal yang bersifat hard skillâ€. Sehingga konsekuensi pendampingan yang ideal harus memiliki konsep perubahan mindset atau pembelajaran transformatif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk buku panduan pembelajaran yang didalamnya memuat model solusi dan panduan pelaksanaan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran transformatif program pendampingan anak jalanan. Metode penelitian ini didesain sebagai penelitian pengembangan, melalui penelitian pendahuluan awal. Validasi produk berdasarkan ahli bidang pendidikan luar sekolah, ahli media pembelajaran, dan pengguna lapangan. Hasil pengembangan produk adalah sebuah buku panduan yang didalamnya memuat model dan panduan pelaksanaan pembelajaran. Pada bab 1, 2, dan 3 berisi model pembelajaran berdasarkan permasalahan yang dianalisis. Pada bab 4 berisi langkah-langkah yang bisa dilaksanakan langsung di lapangan. Analisis terhadap hasil penilaian ahli bidang PLS dan ahli media pembelajaran mengkualifikasikan bahwa buku panduan cukup valid. Tanggapan dari 10 pengguna terbatas dan 20 pengguna luas menyatakan bahwa buku panduan ini memiliki intrepretasi layak digunakan. Penelitian pengembangan ini sementara hanya sampai pada tahap pengujian kelayakan, sehingga disarankan untuk dilakukan penelitian efektivitas produk.

References

Badan Kesejahteraan Sosial Nasional (BKSN). 2000. Modul Pelatihan Pimpinan Rumah Singgah, Direktorat Kesjahteraan Anak, Keluarga dan Lanjut Usia. Jakarta: Deputi Bidang Peningkatan Kesejahteraan Sosial.

Bohalano, Helen B. 2013. Learning Skills of The Street Children in Metro Cebu. European Scientific Journal. (online), Jilid 9, No. 34: 160-175,(http://e-resources.perpusnas.go.id), diakses 4 September 2015.

Borg, Walter. R . & Gall, Meredith, Damien. 1983. Educational Research: An Introduction, Third Edition. New York: Longman Inc.

Faisal, Sanapiah. 2009. Merancang Sosok PNFI yang Kokoh ke Depan: Hajatkan Gerakan dan Proses Profesonalisasi. Makalah disajikan pada Seminar dan Lokakarya Nasional PNFI, Dirjen PNFI dan Universitas

Negeri Malang, Malang, 21-23 Juli 2009.

Freire, Paulo. 1972. Pendidikan Kaum Tertindas. Terjemahan Tim Redaksi LP3ES. 1985. Jakarta: LP3ES.

Jamalong, Ahmad. 2002. Pembinaan Anak Jalanan Melalui Rumah Singgah: Kasus di Rumah Singgah Flamboyan Paramitra Jawa Timur. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Jarvis, Peter. 2004. Adult Education and Lifelong Learning Theory and Practice. Third edition. London & New York: RoutledgeFalmer

Marzuki, Saleh. 2009. Permainan Simulasi di Indonesia. Malang: FIP UM.

Moedzakir, M.Djauzi. 2010. Metode Pembelajaran unruk Program-Program Pendidikan Luar Sekolah. Malang: UM Press

Nusantara, Widya. 2013. Transformatif Learning pada Kegiatan Pendampingan Anak Jalanan di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Omiyinka, Falooro Olutola. 2009. Social Networks and livelihood of Street Children in Ibadan, Nigeria. International Journal of Sociology and Anthropology (online), Jilid 1, No. 5: 082-089 (http://www.academicjournals.org/ijsa), diakses 14 Oktober 2015

Prasetya, H. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif pada Program Pendampingan Anak Jalanan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Sorber R, Winston S, Koech J, Ayuku D, Hu L, et al. 2014. Social and Economic Characteristics of Street Youth by Gender and Level of Street Involvement in Eldoret, Kenya. PLoS ONE. (online), Jilid 9, No. 5 ( www.plosone.org), diakses diakses 14 Oktober 2015.

Sudjana, Nana. 1992. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, Sri. 2009. Teori Keberhasilan Kegagalan Pendampingan Anak Jalanan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM. (Fenomena Antusiasme Anak Jalanan). Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Yulianingsih, Wiwin. 2005. Pembinaan Anak Jalanan di Luar Sistem Persekolahan (Studi Kasus Antusiasme Anak Jalanan Mengikuti Pembinaan di Sanggar Alang-alang Surabaya). Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Published
2016-06-27
How to Cite
Martharini, T., Rasyad, A., & Moedzakir, D. (2016). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF UNTUK PROGRAM PENDAMPINGAN ANAK JALANAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v5i1.9763
Section
Articles