Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Siswa SMA N 1 Purworejo

Main Article Content

Tri Wulandari
Haryadi Haryadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan keterampilan membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan teknik pengumpulan data yaitu angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap minat baca yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,315>1,980);  (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan membaca yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,3397>1,980); (3) besarnya pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca 25,6%; (4) besarnya pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan membaca 26,1%.


Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, minat baca, keterampilan membaca


 


Abstract


The research is intended to understand the influence school literacy movement toward students’ reading interest and skill. The kind of research is ex post facto by technique of collecting data using questionnare and tese. The research result shows that : (1) there is a positive and significant influence between school literacy movement  toward reading interest shown by score tcalculate > ttable (6,315>1,980);  (2) there is a positive and significant influence between school literacy movement toward reading skill shown by score tcalculate > ttable (6,3397>1,980); (3) the influence of school literacy movement toward reading interest is 25,6%; (4) the influence of school literacy movement toward reading skill is 26,1%.


Keywords: School Literacy Movement, reading interest, reading skill.

Article Details

How to Cite
Wulandari, T., & Haryadi, H. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Siswa SMA N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 92-97. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i2.42142
Section
Articles