KONSEP NRIMA PADA NOVEL PENGAKUAN PARIYEM: KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Febri Sari

Abstract

Novel Pengakuan Pariyem ini menceritakan tentang kehidupan wanita Jawa yang bernama Pariyem. Dia begitu nrima dengan kehidupannya dan juga pekerjaannya.Konsep nrima yang diajarkan Pariyem mungkin sudah menjadi sesuatu yang langka yang bisa kita temukan pada kehidupan sekarang ini.Sikap pasrah yang ditunjukkan Pariyem merupakan tanda yang bisadimaknai.Oleh karena itu, permasalahan penelitian adalah bagaimana konsep nrima dan makna simbolik nrima dalam novel Pengakuan Pariyem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsi konsep nrima dan makna simbolik nrima dalam novel Pengakuan Pariyem.Metode anilisis yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiotika sastra.Hasil penelitian menunjukkan konsep nrima yang diajarkan Pariyem merupakan sebuah tanda yang bisa dimaknai.

A novel recognition pariyem it talks about the life of women java named pariyem. She’s so nrima with her life and also his job. The concept of nrima taught pariyem probably has become something rare we can find in the present life this. An attitude of surrender shown pariyem constituting a mark that can is understood. Hence, the problem is how the concept of research nrima and symbolic meaning nrima in a novel recognition pariyem. The aim of this research is to mendiskripsi the concept of nrima and symbolic meaning nrima in a novel recognition pariyem. A method of anilisis used is a method of qualitative with the approach logician literature. The result showed the concept of nrima taught pariyem is a sign that can is understood.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Dumadi, Janmo. 2011. Mikul Dhuwur Mendhem Jero Menyelami Falsafah dan Kosmologi Jawa. Yogyakarta: Pura Pustaka.

Eco, Umberto. 2009. Teori Semiotika(terjemahan Inyiak Ridwan Zubir).Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Endraswara, Suwardi. 2006. Budi Pekerti Jawa. Yogyakarta: Gelombang Pasang.Hoed, Benny H. 2011.Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Suseno, Franz Magniz. 1996. Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syuropati, Mohammad A. 2011. 5Teori Sastra Kontemporer & 13 Tokohnya.Yogyakarta: IN AzNa Books.

Yana. 2010. Falsafah dan Pandangan Hidup Orang Jawa. Yogyakarta: Absolut.Jakarta: PT Gramedia.