KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA OBROG OWOK-OWOK EBREG EWEK-EWEK KARYA DANARTO: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Naskah drama Obrog Owok-owok Ebreg Ewek-ewek karya Danarto dipilih untuk dikaji karena di dalam naskah drama ini terdapat berbagai masalah sosial yang kemudian memunculkan kritik. Kritik-kritik yang terdapat dalam naskah drama tersebut perlu dikaji dan disampaikan ke publik. Naskah drama ini juga memiliki keunikan. Dialog yang sama diucapkan dua atau tiga tokoh berurutan bahkan hampir bersamaan, namun tidak dalam satu ruang dan waktu. Naskah drama ini seolah-olah mencoba untuk menyatukan dimensi ruang dan waktu. Naskah drama ini adalah naskah dengan struktur yang tidak dapat dikatakan sederhana, meskipun secara umum termasuk dalam naskah realis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kritik sosial yang terdapat dalam naskah drama dan mendeskripsikan wujud ekspresi kritik sosial tersebut membangun estetika drama dalam naskah Obrog Owok-owok Ebreg Ewek-ewek karya Danarto.
The play script of Obrog Owok-owok Ebreg Ewek-ewek by Danarto is chosen to be studied because in this play script there are various social problems which then generate criticism. The criticisms contained in this play script need to be reviewed and submitted to the public. This play script also has uniqueness in the dialogue. The same dialogue is spoken by two or three characters in sequence even almost simultaneously, but not in the same place and time. It looks as if trying to unify the dimensions of space and time. This play script is a text with a structure that cannot be said to be ordinary, although it is generally classified as realist script. Furthermore, in this drama script there are various social problems which then led to criticism. The purpose of this study is to describe the social criticism contained in the play script and describes form expression of social criticism build the aesthetic of drama in Obrog Owok-owok Ebreg Ewek-ewek by Danarto.