Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Teks di Media Sosial
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, 1) mendeskripsi bentuk pelanggaran tindak pengancaman muka positif, 2) mendeskripsi tindak pengancaman muka negatif pada tuturan teks media sosial berdasarkan teori Brown dan Levinson, 3) mendeskripsi strategi kesantunan dalam tuturan pada teks media sosial. Penelitian ini dilakukan pada tuturan teks media sosial facebook dan twitter tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Tindak pengancaman muka positif pada teks media sosial facebook terdapat tiga subbidal, yaitu 1) ungkapan ketidaksetujuan, 2) ungkapan emosi, 3) ungkapan yang tidak sopan. Tindak pengancaman muka negatif pada teks media sosial facebook terdapat dua subbidal, yaitu 1) ungkapan peringatan, dan 2) ungkapan perasaan negatif. Tindak pengancaman muka positif pada teks media sosial twitter terdapat lima subbidal, 1) ungkapan ketidaksetujuan, 2) ungkapan emosi, 3) ungkapan yang tidak sopan, 4) ungkapan yang tidak kooperatif, dan 5) ungkapan yang menunjukan sebutan 2 data. Tindak pengancaman muka negatif pada teks media sosial twitter terdapat dua subbidal, yaitu 1) ungkapan peringatan, dan 2) ungkapan perasaan negatif. Strategi ketidaksantunan pada teks media sosial facebook dan twitter terdapat empat subbidal, yaitu 1) strategi tanpa basa-basi, 2) strategi kesantunan postif, 3) strategi kesantunan negatif, dan 4) strategi kesantunan tidak langsung.
The purpose of this study is, 1) to describe the form of violation of positive face-threatening action and negative face-to-face on social media text texts based on Brown and Levinson's theory; 2) to describe the politeness strategy in speech on social media texts. This research was conducted on social media text texts facebook and twitter in 2018. The method used is qualitative descriptive method. Technique of collecting data using technique note. There are four subbidal faces in facebook text media, namely 1) expression of disapproval, 2) emotional expression, 3) impolite expression. Adverse action on facebook social media text there are two subbidal, namely 1) warning expression, and 2) expression of negative feelings. There are five subbidials, 1) expression of non- negative on the text of social media twitter there are two subbidal, that is 1) warning expression, and 2) expression of negative feelings. Strategy is generally done to reduce the threat to the self-image of the speaker, respect it and to reduce the threat. The politeness strategy on the social media text facebook and twitter there are four subbidal, that is 1) the strategy of no-nonsense, 2) the positive politeness strategy, 3) the strategy negative politeness, and 4) indirect indirection strategy.