Fakta Sejarah dalam Novel-Novel Pandir Kelana

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Murtini Murtini
Wiranta Wiranta
A Prasojo
Agesti Siwi P

Abstract

Peristiwa sejarah dapat dimanfaatkan oleh sejarawan dan oleh sastrawan. Adapun fakta sejarah yang dimanfaatkan oleh sastrawan dapat diekspresikan lewat karyanya berupa novel. Pandir Kelana adalah merupakan salah satu sastrawan yang memanfaatkan fakta sejarah menjadi karya sastra. Penelitian ini membahas novel Pandir Kelana yang berjudul Suro Buldog, Kereta Api Terakhir, dan Kadarwati Wanita dengan Lima Nama. Dengan analisis teori pemikiran untuk menguak fakta sejarah yang menjadi latar belakang penciptaan novel-novel tersebut, dan sejauh manakan fungsi fakta sejarah tersebut untuk situasi dan kondisi saat ini dan masa yang akan datang.


Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang mempergunakan data kualitatif berupa konsep-konsep, kategori-kategori bersifat abstrak yang sukar diangkakan. Hasil dan simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Pandir Kelana melalui karya-karyanya ingin menyampaikan pesan kepada pembaca untuk menghargai jiwa kepahlawanan dari para tokoh yang ditampilkan. Kedua, fakta sejarah yang dimanfaatkan oleh Pandir Kelana bukan sekedar untuk mengenang masa lampau tetapi mengandung aspek moral, aspek kemanusiaan, dan aspek sosial.


Historical events can be exploited by historians and writers. The historical facts that are used by writers can be expressed through their work in the form of novels. Pandir Kelana is one of the writers who used historical facts to be literary works. This research discusses the Pandir Kelana novel entitled Suro Buldog, Kereta Api Terakhir, and Kadarwati Wanita dengan Lima Nama. Through the analysis of theoretical thought to discuss historical facts that are the background of the creation of these novels, and the extent to which these historical facts will function for current and future situations and conditions. The method used of this research is qualitative research that uses qualitative data in the form of concepts, abstract categories that are difficult to be elaborated on. The results and conclusions of this research are as follows. First, through his works Pandir Kelana wants to convey a message to the reader to appreciate the heroic spirit of the characters displayed. Secondly, the historical facts utilized by Pandir Kelana are not only to remember the past but also contain moral aspects, human aspects, and social aspects.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##