Bentuk dan Fungsi Metafora dalam Pengumuman Duka Cita Masyarakat Pantura Jawa Tengah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Surahmat Surahmat
Alfa Zulia Dwi Karina

Abstract

Pengumuman duka cita merupakan peristiwa komunikasi yang mengungkap persepsi masyarakat terhadap kematian yang dipengaruhi oleh berbagai nilai yang berlaku dalam masyarakat tersebut. Penelitian ini membahas bentuk-bentuk dan fungsi metafora yang digunakan dalam pengumuman duka cita di masyarakat pantai utara Jawa Tengah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang didesain untuk mengungkap variasi bentuk dan fungsi metafora dalam pengumuman kematian di berbagai daerah di pesisir utara Jawa Tengah berdasarkan perspektif sosiolinguistik dan etnolinguistik. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi dari pengumuman duka cita di 13 kabupaten dan kota di pantai utara Jawa Tengah yang mana di setiap kabupaten dan kota dipilih dua daerah yang masing-masing mewakili perkotaan dan pedesaan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa dari 26 sampel yang dikumpulkan di 13 kabupaten dan kota ditemukan 16 jenis metafora. Metafora yang digunakan penutur untuk pengumuman duka cita memiliki fungsi semantik, fungsi pragmatik, dan mengungkapkan perasaan si penutur terhadap orang yang meninggal atau keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, metafora memiliki fungsi khusus yaitu mengukuhkan sekaligus menyosialisasikan keyakinan ideologis keagamaan seperti penggunaan metafora kepundhut  â€œdiambil†berfungsi mengukuhkan keyakinan bahwa kematian merupakan peristiwa yang diatur Tuhan. Metafora berpulang atau kondhur  mengukuhkan keyakinan tentang asal-muasal manusia yaitu dari Tuhan. Serta metafora “ke pangkuan-Nya†memiliki fungsi ideologis mengukuhkan keyakinan tentang sifat Tuhan sebagai Sang Maha Penyayang.   


Announcement of condolences is a communication event that reveals people's perceptions of death that are influenced by various values prevailing in the community. This study discusses the forms and functions of the metaphors used in announcing condolences in the north coast communities of Central Java. This descriptive qualitative study was designed to uncover variations in the form and function of metaphors in the announcement of death in various regions on the north coast of Central Java based on sociolinguistic and ethnolinguistic perspectives. The data obtained were collected through interviews and documentation from condolence announcements in 13 districts and cities on the north coast of Central Java, where in each district and city two regions were chosen, each representing urban and rural areas. This study revealed that from 26 samples collected in 13 districts and cities, 16 types of metaphors were found. The metaphor used by the speaker for the announcement of mourning has a semantic function, a pragmatic function, and expresses the speaker's feelings for the deceased person or family left behind. In addition, metaphors have a special function which is to establish and socialize religious ideological beliefs such as the use of "taken" metaphor to function to confirm the belief that death is an event arranged by God. Passing or famous metaphors reinforce beliefs about human origins namely from God. As well as the metaphor "into His bosom" has an ideological function of strengthening the belief about the nature of God as the Most Merciful.  


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Austin, John L.. (1975). How to Do Things with Words. Cambridge: Harvard University Press.
Danesi, M. (2003). Metaphorical "Networks" and Verbal Communication: A Semiotic Perspective of Human Discourse. Sign Systems Studies. Volume 3(2). Hlm. 341-364.
Karim, Abdul. (2017). Makna Ritual Kematian dalam Tradisi Islam Jawa. Sabda. Volume 12, Nomor 2, Desember 2017.
Leech, Geoffrey. (1982). Style in Fiction: A Linguistic Introduction to English Fictional Prose. London: Longman Publishing Group.
Mahsun. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jakarta: Rajawali Press.
Mumfangati. (2007). Tradition Pilgrimate. Jurnal of Java Vol 2, No 3. Hlm. 111-120.
Murray Knowles dan Rosamund Moon. (2004). Introducing Metaphor. New Yrok: Routledge.
Ortony, Andrew. (1993). Metaphor and Thought. Cambridge: Cambridge University Press
Pristiwati, Rahayu dan Dyah Prabaningrum. 2019. Metafora dan Nilai-nilainya. Semarang: LPPM Unnes.
Searle, John R.. (1969). Speech Act. Cambridge: Cambridge University Press.
Suwito, Arif Hidayat, dan Sriyanto Agus. (2017). Tradisi dan Ritual Kematian Wong Islam Jawa. Ibda: Jurnal Kebudayaan Islam. Vol. 13, No. 2, Juli - Desember 2015. Hlm. 197-216.
Thohir, Mudjahirin. (2013). Multikulturalisme: Agama, Budaya, dan Sastra. Semarang. Gigih Pustaka Mandiri
Zaltman, Gerald and Lindsay H. Zaltman. (2008). Marketing Metaphoria: What Deep Metaphors Reveal about the Minds of Consumers. Boston: Harvard Business Press.