Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran melalui kearifan lokal dalam bahan ajar dengan harapan guru di daerah mengetahui dan memahami bahwa daerahnya memiliki nilai-nilai kehidupan yang bisa dimuat dalam pembelajaran di sekolah. Siswa pun mengetahui sebagai putra-putri daerah yang akan mewarisi segala nilai tersebut sebagai bentuk pewarisan budaya agar tidak menjadi sebatas cerita nantinya. Metode yang digunakan Research and Development model Hanafin dan Peck. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskripsi. Hasil dari penelitian ini berupa bahan ajar dengan muatan tunjuk ajar Melayu yang layak digunakan dengan nilai rata-rata 4,29 dan 85,71% dari ahli materi serta nilai rata-rata 4,00 dan 80,00% dari ahli media. Dengan demikian didapatkan bahwa bahan ajar layak untuk digunakan dengan kategori baik sekali.
This study aims to provide learning through local wisdom in teaching materials with the hope that teachers in the area know and understand that their area has life values ​​that can be contained in learning in schools. Students also know as the sons and daughters of the region who will inherit all these values ​​as a form of cultural inheritance so that they do not become limited to the story later. The method used by the Research and Development model is Hanafin and Peck. Data collection techniques using observation, questionnaires, and documentation. The data analysis technique used is the description analysis technique. The results of this study are in the form of teaching materials with a proper teaching point of Malay use with an average value of 4.29 and 85.71% from material experts and an average value of 4.00 and 80.00% from media experts. Thus it was found that teaching materials are suitable for use with excellent categories.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Alfian,Magdalia.2013. “Potensi Kearifan Lokal dalm Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa†Prosiding The 5th International Cofereence on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalizationâ€. Jakarta: FIPB UI.
Arikunto, S. 2006. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: RinekaCipta.
Asnawi. (2016). Persepsi Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Youtube Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Membaca. GERAM, 4(3), 11–22.
Asnawi. (2017). Pemanfaatan Blanded Learning Edmodo Grup dalam Pembelajaran Mata Kuliah Membaca. GERAM, 5(2), 53–61. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Asnawi, A., Rasdana, O., & Mangatur Sinaga. (2017). Penggunaan Metode GIST pada Siswa yang Mengalami Kesulitan Membaca dalam Hati. International Seminar on Education, Language, Literature, and Art (ISELLA), 101–109.
Asriati, Nuraini .2012.“Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolahâ€Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 2(III), hlm. 106-119.
Kurniawati, Ika . 2015. Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Belajar. Bandung: Bumi Putera
Mudlofar, Ali . 2012. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali.
Mustopa, Rizki Akbar. 2017. “Penerapan Teknik Menulis Kolaboratif Berbasis Peta Informasi Dalam Pembelajaran Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPIâ€. Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa XI.Bandung: UPI
Najid, Annisah Aynun. 2015. “Pengembangan Buku Suplemen Kimia Berbasis Kearifan Lokal Kota Tangerangâ€, Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Prastowo,Andi. 2012.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rusilowati,Ani. 2013. “Membudayakan Kearifan Lokal Melalui Penelitian Pendidikanâ€Prosiding Seminar Nasional Fisika IV, Universitas Negeri Semarang, 12-15 Oktober 2017.
Sitepu.2012.Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarsih, Yanti. 2014. Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan Ketakwaan dalam Tunjuk Ajar Melayu Versi Tenas Effendi. Tesis. Padang: Universitas Negeri Padang
Sudrajat, Akhmad. 2015. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Rajawali
Usman, H., dan. Akbar, R. P. S. 2011. Pengantar Statistikaâ€.Jakarta: Bumi Aksara
Wati, Lidia. 2015. Analisis Nilai-Nilai Tunjuk Ajar Melayu Dalam Syair Abdussaman Suntingan Teks Mu’jizah Dan Muhammad Jaruki. Skripsi.Tanjung Pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar