NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI PILIHAN BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SMA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan penelitiannya yaitu unsur intrinsik, kesahihan, dan kesesuaian novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi sebagai pilihan bahan ajar sastra Indonesia di SMA. Tujuan penelitiannya yaitu untuk mendeskripsi unsur intrinsik, kesahihan, dan kesesuaian novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi sebagai pilihan bahan ajar sastra Indonesia di SMA. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data berupa kata, kalimat, dan dialog pada novel Negeri 5 Menara. Hasil dari penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi memperlihatkan unsur intrinsik, memenuhi aspek kesahihan, dan aspek kesesuaian yang menjadi kriteria bahan ajar sastra, sehingga novel Negeri 5 Menara ini dapat dijadikan sebagai pilihan bahan ajar sastra Indonesia di SMA.
Â
The problem of the study is the intrinsic element, validity, and appropriateness of Negeri 5 Menara novel by Ahmad Fuadi as a choice to be a teaching material in Indonesian literature in senior high school. The purpose of the study is to describe the validity and the appropriateness of Negeri 5 Menara novel by Ahmad Fuadi as a teaching material of Indonesian literature in senior high school. The approach used is qualitative approach. The data are the words, sentences and conversations found in Negeri 5 Menara. The finding of this study is that Negeri 5 Menara novel by A. Fuadi has fulfilled the intrinsic element, validity and appropriateness aspects as the criteria of material in teaching literature in senior high schools.##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.
Kumalasari, Nur Indra. 2012. “Novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi sebagai Bahan Ajar Sastra Berbasis Pendidikan Karakter di SMA/MAâ€. Skripsi. Unnes.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Rahmawati, Rina. 2010. “Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra di SMAâ€. Skripsi. Unnes.
Suharianto, S. 2009. Menuju Pembelajaran Sastra yang Apresiatif. Semarang: Bandungan Institute.
Tsai, Chih-hsin. 2012. Students Perceptions of Using a Novel as Main Material in the EFL Reading Course. ELT Journal, 5(8), 103-112