Budaya Konsumen dan Remaja Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Satu Hari Berani Karya Sitta Karina
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Budaya konsumen adalah pandangan dan perilaku masyarakat yang menganut paham bahwa materi merupakan satu-satunya alat pemuas kebutuhan dan indikator dari eksistensi diri. Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap cara budaya konsumen pada para tokoh remaja perempuan ditampilkan di dalam kumpulan cerpen Satu Hari Beranikarya Sitta Karina. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskripsi-kualitatif dengan pendekatan Kajian Budaya. Data berupa kata, frasa, dan kalimat dikumpulkan dari lima cerpen yang dipilih, dengan menggunakan teknik simak dan catat. Kelima cerpen dipilih dengan mempertimbangkan tokoh utama remaja perempuan dan memuat data yang memadai berkaitan dengan budaya konsumen. Data selanjutnya diklasifikasi, diinterpretasi, dan dikaji dengan teori-teori yang relevan. Landasan teoretis yang menjadi kerangka penelitian ini terutama adalah tentang budaya konsumen dari Baudrillard, Chaney, dan Lury. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kumpulan cerpen tersebut, (1) objek yang dikonsumsi remaja perempuan terdiri dari benda, jasa, dan kegiatan, (2) objek yang dikonsumsi remaja perempuan tidak hanya memiliki nilai guna melainkan juga nilai simbolis dan nilai tanda, dan (3) budaya konsumen yang ditampilkan terutama dari kalangan sosial menengah ke atas.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Baudrillard, J. (2015). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Chaney, D. (2004). Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Femina. (2017). Fashion Trend Tas Ikonis dari Masa ke Masa. Femina. https://www.femina.co.id/fashion-trend/tas-ikonis-dari-masa-ke-masa diakses tanggal 23 Agustus 2020
Hudhana, W. D. (2017). Budaya Konsumen pada Cerita Cinta Indonesia: 45 Cerpen Terpilih. Jurnal Bahtera, 4(8), 200-206.
Imanda, B. C. (2014). Wacana Gaya Hidup Konsumtif dalam Novel Bergenre Chick lit di Indonesia. Commonline Departemen Komunikasi, 3(2), 66-80.
Intan, T. M., P.A. (2019). Membongkar Mitos Kecantikan dan Budaya Konsumen dalam Novel Chick lit Beauty Case Karya Icha Rahmanti. Sejarah dan Budaya, 13(2), 164-178.
Karina, S. (2008). Satu Hari Berani dan Cerita-cerita Lain (2 ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lury, C. (1996). Consumer Culture: Rutgers University Press.
Nilsen, A. P., & Donelson, K.L. (2009). Literature for today’s young adult (8th ed.): Boston Pearson.
Pawanti, M. H. (2013). Masyarakat Konsumeris Menurut Konsep Pemikiran Jean Baudrillard. Universitas Indonesia, Depok.
Piliang, Y. A. (2004). Realitas-realitas Semu Masyarkat Konsumer: Estetika Hiperealitas dan Politik Konsumerisme. In I. S. Ibrahim (Ed.), Lifestyle Ecstacy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.
Rosida, I. (2018). Tubuh Perempuan dalam Budaya Konsumen: Antara Kesenangan Diri, Status Sosial, dan Nilai Patriarki. Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya., 20(1), 85-101. doi:10.25077/jantro.v20.n1.p85-101.2018
Schonhardt, S. (2012). 7-Eleven finds a niche by adapting to Indonesian ways. New York Times. http://www.nytimes.com/2012/05/29/business/global/29iht-stores29.html?_r=0 diakses tanggal 22 Agustus 2020
Srinarwati, D. R. (2015). Women as Imagery Consumer (Clothes and Phenomena of Cultural Perspective of Postmodernism. Paper presented at the International Conference on Science, Technology and Humanity 2015.
Warde, A. (2017). Consumption: A Sociological Analysis. London: Palgrave Macmillan.