Konflik Batin Nurah dalam Cerpen Malam Pengantin Dari Kumpulan Cerpen Arab (Halusinasi) Karya Najib Kaliani

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eska Perdana Prasetya
Zuriyati Zuriyati
Siti Gomo Attas

Abstract

Cerita pendek malam pengantin adalah salah satu cerita pendek dari Kumpulan Cerpen Arab yang berjudul Halusinasi karya Najib Kaliani dan sudah dialihbahsakan. Dalam cerpen malam pengantin terdapat tokoh utama yang bernama Nurah,  Pada penelitian ini penulis fokus kepada unsur  konflik batin pada tokoh Nurah. Konflik baatin itu sendiri adalah suatu masalah yang dapat dialami oleh semua orang. Konflik batin juga dapat ditemuai dalam penokohan suatu cerita pendek. Dalam cerita pendek malam pengantin, penulis mendapatkan beberapa konflik batin tokoh utama bernama Nurah yang ditemui seperti rasa kebencian,kekesalan, kejemuan, ketakutan,kebingungan, dan kesedihan. Disamping konflik batin ada juga suatu amanat cerita yang tersirat dalam akhir cerita.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ali Mukti, Siti Gomo Attas, E. L. (2020). Hegemoni Budaya Dalam Novel Di Bawah Bayang-Bayang Ode Karya Sumiman Udu Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 90–99.
Ajeng, Yudiono, P. (2010). Konflik Batin Tokoh Dini Dalam Novel Sebuah Lorong Di Kotaku Karya Nh. Dini Sebuah Tinjauan Psikologi Sastra Ajeng, Yudiono, Purnomo.
Diana, A. (2016). Analisis Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel “Wanita Di Lautan Sunyi” Karya Nurul Asmayani. Jurnal Pesona, 2(1), 43–52.
Juwariyah; Sumartini. (2019). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2), 111–118.
Lauma, A. (2017). Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Pendek Protes Karya Putu Wijaya. 1–26. https://media.neliti.com/media/publications/185439-ID-none.pdf
Limbong, J. L. (2016). “Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo.” Jurnal Onoma, 2(1), 12–26.
Muhammad Iqbal, Boeriswati, E., & Zuriyati. (2017). Kepribadian Diri Nyata Dan Diri Ideal Tokoh Utama. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 1–12
Pradita, L., Sumarwati, S., & Suhita, R. (2012). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 92–104.
Setiarini, Y. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Instrinsik Pada Cerpen Melalui Media Audiovisual. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(4), 57–61.
Silmi Nur , M. Rohmadi, K. S. (2019). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Karya Ruwi Meita Tinjauan Psikologi Sastra Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di Sma. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 103. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i1.35521
Wicaksono, A., Haryati, N., & Sumartini. (2013). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1), 1–10.