Analisis Pemerolehan Sintaksis Analisis Pemerolehan Sintaksis terhadap Anak Usia 4 Tahun di Komplek Perumahan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Bahasa adalah suatu sistem lambang bunyi yang dipakai manusia untuk tujuan komunikasi. Bahasa pada hakekatnya mempunyai ruang lingkup dan tujuan yang menumbuhkan kemampuan mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar agar seseorang dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Seperti halnya bahasa pada anak-anak terkadang sukar diterjemahkan, karena anak pada umumnya masih menggunakan struktur bahasa yang masih kacau dan masih mengalami tahap transisi dalam berbicara, sehingga sukar untuk dipahami oleh mitra tuturnya.
Tujuan peneliti yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan analisis pemerolehan sintaksis terhadap anak usia 4 tahun di Komplek Perumahan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang beralamat di jalan Adi Sucipto Nomor 14 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Oleh karena itu, penelitian yang berjudul Analisis Pemerolehan Sintaksis Terhadap Anak Usia 4 Tahun di Komplek Perumahan di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang beralamat di jalan Adi Sucipto Nomor 14, Pekanbaru menggunakan berupa kata tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang dapat diamati, yang diarahkan pada latar dan individu secara utuh sehingga yang diperlukan kata-kata.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak yang berusia 4 tahun 3 hari yang bernama Callista Putri pada Komplek Perumahan di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang beralamat di jalan Adi Sucipto Nomor 14, Pekanbaru sudah mampu memperoleh bahasa dari segi sintaksis. Manfaat dari penelitian ini yaitu kita sebagai orang tua bisa mengetahui bagaimana berkomunikasi dalam proses belajar mengajar dan berkomunikasi terutama pada anak usia 4 tahun.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2009. Psikolingustik Kajian Teoretik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2010. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Unika Atma Jaya.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2016. Psikolinguistik. Jakarta: Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Febrianti, Hotma. 20018. Pemerolehan Afisasi Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 4 Tahun (Studi Kasus Pada seorang Anak). (Skripsi).: Universitas Negeri Padang.
Kartianto, Mardevin. 2013. Makalah Pemerolehan Bahasa Anak. Diakses
http://warnet178meulaboh.blogspot.com/2013/05/makalah-pemerolehan-bahasa-anak. html Senin, 20/09/2016 Pukul 15.30 WIB.
Kridalaksana, Harimurti. 2011. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atma Jaya.
Mahsun, 2010. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Sstrategi,Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Maksan, Marjusman. 2010. Psikolinguistik. Padang: IKIP Padang Press.
Manaf, Ngusman Abdul. 2009. Sintaksis: Teori dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina Press.
Mar’at, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, Takdirdatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional, Yogyakarta: Tiara Wacana
Pateda, Mansoer. 2010. Aspek-Aspek Psikolinguistik. Yogyakarta: Kanisius.
Rahmalia, Yosa. 2013. Kemampuan Berbahasa pada Anak Penderita Autis yang Ditemukan Profil Pragmatis Anak Penderita Autis : Studi Kasus Di YPPA Padang. (Skripsi). Universitas Negeri Padang.
Ramlan.2010. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.
Simanjuntak, Mangantar. 1989. Theories of The Accuisition of Phonology, Jakarta: Gaya Media Bahasa.
Sukmadinata, Nana Saodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surayin. 2010. Kamus Besar bahasa Indonesia. Bandung:Y Rama Widia.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Depdikbud.
Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Yulianti, Rosi. 2016. Penggunaan Bahasa Anak Penderita Autis dalam Mengikuti Proses Belajar Mengajar Suatu Tinjuan Sintaksis (Studi Kasus di Sekolah Khusus Autis Sinapa Piliang Kota Solok). (Skripsi). Solok: Universitas Mahaputera Muhammad Yamin.