Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Berpidato Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2018 Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Salah satu kemampuan berbahasa yang harus dikuasai seorang mahasiswa adalah kemampuan berbicara. Kompetensi berbicara adalah salah satu komponen dalam tujuan pembelajaran. Berdasarkan pembelajaran berbicara mahasiswa bahasa indonesia, masih banyak yang belum bisa menerapkan metode berbicara secara baik. Mereka juga menganggap berbicara sulit, padahal sebenarnya mereka belum menguasai materi atau bahan yang akan mereka bicarakan. Salah satu yang dapat melihat atau mengukur kemampuan berbicara adalah dengan berpidato karena kegiatan ini memerlukan persiapan yang matang dan konsep yang jelas agar kegiatan berpidato dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara pada mata kuliah pengajaran keterampilan berbicara mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMMY Solok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif sedangkan populasi dan sampel adalah mahasiswa angkatan 2018 berjumlah 8 orang. Hasil penelitian ini adalah dapat dikelompokkan kemampuan berpidato mahasiswa yang memperoleh nilai 88,9 dengan kualifikasi Baik Sekali (BS) diperoleh 4 orang mahasiswa dengan persentase 50%, nilai 83,3 dengan kualifikasi Baik (B) diperoleh 1 orang dengan presentase 12,5%, nilai 72,2 dan 66,7 dengan kualifikasi Lebih Dari Cukup (LDC) diperoleh 3 orang dengan presentasi 37,5%.
Kata Kunci: Kemampuan, Berbicara, Berpidato
Abstract
This research is motivated by the ability to speak is one of the language skills that must be mastered by a student because speaking competence is one of the components in the learning objectives. Based on learning to speak Indonesian students, there are still many who have not been able to apply the speaking method properly. They also think that speaking is difficult, when in fact they have not mastered the material or material they are going to talk about. One that can see or measure speaking ability is by giving speeches because this activity requires careful preparation and clear concepts so that speech activities can be carried out properly. This study will describe the speaking ability in the speaking skills teaching course for Indonesian Language Education students at UMMY Solok. This type of research is quantitative using a descriptive method while the population and sample are students from the 2018 batch of 8 people. The results of this study are that the students' speaking abilities can be grouped with a score of 88.9 with a Very Good qualification (BS) obtained by 4 students with a percentage of 50%, a score of 83.3 with a Good qualification (B) obtained by 1 person with a percentage of 12.5%. , scores of 72.2 and 66.7 with more than adequate qualifications (LDC) were obtained by 3 people with a presentation of 37.5%.
Keywords: Ability, Speaking, Speech
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsjad, Maidar dan Mukti U.S. 2005. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Azizah, Septi Nur dan Rustono. 2020. Tuturan Ilokusi dalam Wacana Pidato Kampanye Prabowo Subianto pada Pemilu 2019. Jurnal Sastra Indonesia 9(2) (2020)144-150. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.35 604
Budiana, Nia. 2017. Keterampilan Berbicara: Desain Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching. Malang: UB Press.
Ermanto dan Emidar. 2016. Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Padang: UNP Press.
Goh, C. C. M., & Burns, A. 2012. Teaching speaking: a holistic approach. New York, US: Cambridge University Press.
Hidayah, Nurul. 2016. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Garudhawaca.
Ilham, Muhammad dan Iva Ani Wijiati. 2020. Ketrampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurullah, Dian Fitri. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring. Jurnal Mabasindo Volume 3 Nomor 2 Edisi November 2019.
Nuryanto, Sukarir. 2018. Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Task Based Activity dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 35 Nomor 1 Tahun 2018.
Nusivera, Egi dan Tina Rosalina. 2014. Pengaruh Keterampilan Berbicara Terhadap Sikap Moral Yang Dimiliki Siswa Smp Kota Sukabumi. Paramasastra: Jurnal Imiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, Vol 1 No 2 Bulan September Tahun 2014
Palmer. 2014. Teaching the core skills of listening & speaking. Virginia, VA: ASCD.
Putri, Haipa Novia. 2017. Kemampuan Berpidato Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi dan Implikasinya. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan pembelajarannya Vol 5, No 4 Sep (2017)
Rosdiana, Lilis Amaliah. 2017. Pembelajaran Menulis Teks Pidato Dengan Metode Latihan. Jurnal Kependidikan Volume XVIII Nomor 1 Edisi Juni 2017
Sanjaya, M. Doni dan Inawati. 2019. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Yogyakarta: Deepublish.
Santrock. J. W. 2013. Educational Psychology. Jakarta: Salemba Humanika.
Setyonegoro, Agus. 2013. Dasar Pembangunan Kemampuan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Pena Vol. 3 No. 1 Juli 2013 : 67-80
Subhayni. Dkk. 2017. Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala Universitas Press.
Susanti, Elvi. 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Tarigan, Henry Guntur. 2018. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wahyuni, Irene Fitriana. Dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Menceritakan Peristiwa Yang Dialami Menggunakan Metode Talking Stick Berbantuan Media Gambar Seri. Jurnal Pena Ilmiah Vol. 2, No. 1 (2017)
Wikipedia.https://id.wikipedia.org/wiki/Pidato diunduh tanggal 20 Januari 2021.
Yulistio, Didi. 2016. Persiapan Kemahiran Berbicara Formal. Jurnal Diksa Vol. 1 No. 1 Tahun 2015 hal.171-183