Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zulfa Fahmy
Asep Purwo Yudi Utomo
Yusro Edy Nugroho
Annisa Tetty Maharani
Novi Izmi Liana
Nailul Akhla Alfatimi
Titi Wuryani
Rossi Galih Kesuma

Abstract

Minat baca ialah keinginan yang kuat disertai dengan usaha-usaha seseorang untuk membaca. Minat baca tidak tiba-tiba muncul dari dalam diri seseorang. Namun, minat baca timbul dari dorongan dan lingkungan yang tepat. Pandemi covid-19 telah membatasi dorongan dan lingkungan yang menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar. Maka dari itu, penelitian ini berfokus pada minat baca siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemic covid-19 terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Artinya peneliti membaca seluruh data yang terkumpul, lalu menginterpretasikannya berdasarkan data, teori, dan fenomena-fenomena yang terekam selama proses pengumpulan data. Didapatkan hasil penelitian bahwa pada masa pandemi covid-19, minat baca siswa sekolah dasar mengalami penurunan. Hal ini terbukti dari hasil penelitian bahwa siswa sekolah dasar cenderung menganggap biasa aktivitas membaca. Selain itu, aktivitas baca yang dilakukan cenderung hanya karena tugas guru, disuruh orang tua. Durasi membaca siswa juga hanya sebatas 10 s.d. 30 menit. Hal ini terjadi karena terjadi adanya keterbatasan-keterbatasan selama pandemi. Ini mengakibatkan bahwa siswa mulai menganggap bahwa aktivitas membaca adalah rutinitas biasa saja, tanpa ada motivasi dan perasaan bahagia ketika melakukannya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Asep Purwo Yudi Utomo, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Univesitas Negeri Semarang

Yusro Edy Nugroho, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Dosen Bahasa dan Sastra Jawa, Universitas Negeri Semarang

Titi Wuryani, MA NU 06 CEPIRING, KENDAL

Guru MA NU 06 Cepiring, Kendal

References

Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Online Submission. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED606496
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Astuti, D. S. (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata Dan Minat dengan Keterampilan Membaca. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(2), 173–187.
Astuti, F. Y., Faishol, R., & Trianingsih. (2020). PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS XI AGAMA DI MAN 2 BANYUWANGI. Ar-Risalah: Media …. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/346
Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis Pada Siswa Smp Kota Bekasi. Basastra. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/17778
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling …. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/572
Fauzi, I., & Khusuma, I. H. S. (2020). Teachers’ elementary school in online learning of COVID-19 pandemic conditions. Jurnal Iqra’ …. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/914
Fironika Kusumadewi, R., Permata C, A., & Dewi Irianti, C. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 11(1), 33–42. https://doi.org/10.31603/edukasi.v11i1.2607
Georgiou, G. K., Inoue, T., & Parrila, R. (2021). Developmental Relations Between Home Literacy Environment, Reading Interest, and Reading Skills: Evidence From a 3‐Year Longitudinal Study. Child Development. https://doi.org/10.1111/cdev.13589
Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh minat baca dan persepsi atas perpustakaan sekolah terhadap keterampilan menulis narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan …. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/diskursus/article/view/5289
Hendrayani, A. (2018). PENINGKATAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH MELALUI PENGGUNAAN READING CORNER. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9617
Kasih, A. P. (2020). Nilai PISA Siswa Indonesia Rendah, Nadiem Siapkan 5 Strategi Ini. Retrieved July 20, 2021, from https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/05/154418571/nilai-pisa-siswa-indonesia-rendah-nadiem-siapkan-5-strategi-ini?page=all
Khalil, R., Mansour, A. E., Fadda, W. A., Almisnid, K., & ... (2020). The sudden transition to synchronized online learning during the COVID-19 pandemic in Saudi Arabia: a qualitative study exploring medical students’ …. BMC Medical …. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02208-z
Kompas. (2021). Kepala Perpusnas: Indeks Kegemaran Baca Indonesia 2020 Masuk Kategori Sedang. Retrieved July 9, 2021, from Kompas website: https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/02/203054871/kepala-perpusnas-indeks-kegemaran-baca-indonesia-2020-masuk-kategori-sedang?page=all
Nugroho, J. S. (2017). Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Retrieved July 7, 2021, from https://www.linkedin.com/pulse/sudah-malas-baca-cerewet-pula-di-medsos-suharjo-jojo-nugroho/
Pei, L., & Wu, H. (2019). Does online learning work better than offline learning in undergraduate medical education? A systematic review and meta-analysis. Medical Education Online. https://doi.org/10.1080/10872981.2019.1666538
Qibtiyah, M. (2021). Upaya guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik selama pandemi di kelas IV MIN 1 Pasuruan. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Raldy, R. A., David, L. E. V, & Opod, H. (2021). Dampak Psikologis Pandemi COVID-19 Pada Mahasiswa. JURNAL BIOMEDIK: JBM, 13(2), 227–232.
Ratnasari, Y. (2011). Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap minat baca siswa kelas V SD Negeri Bojongsari 1 Kabupaten Purbalingga. Skripsi Sarjana Pada FIP UNY Yogyakarta.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumira, D. Z., Deasyanti, D., & Herawati, T. (2018). Pengaruh Metode Scramble dan Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 62. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11673
Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/8193
Sunarti, V., Mudjiran, M., & Gusmanti, R. (2021). Mitigasi Dampak Psikologi Terhadap Anak Akibat Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 295–312.
Syahyudin, D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. Gunahumas. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/23048
Syaodih Sukmadinata, N. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1, 109–117. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/548
Taylor, R. (2020). Impact of Text Interest on Reading Comprehension. Retrieved from https://mdsoar.org/handle/11603/18488
Widodo, A., Husniati, H., Indraswati, D., & Novitasari, S. (2020). Prestasi belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah pengantar pendidikan ditinjau dari segi minat baca. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3808