Evaluasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Diyamon Prasandha
Asep Purwo Yudi Utomo

Abstract

Program MBKM hak belajar tiga semester di luar program studi merupakan upaya peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi di Indonesia. Program Kampus Mengajar termasuk program asistensi mengajar di satuan pendidikan dalam kebijakan MBKM yang membantu pendidikan di sekolah penjuru Indonesia. Bertaut dengan hal itu, keterampilan dasar mengajar termasuk keterampilan yang perlu dikuasai mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 1. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan memetakan evaluasi keterampilan dasar mengajar mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ialah mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 1 yang berasal dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas Dian Nuswantoro dengan jumlah responden 21 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa terampil pada aspek keterampilan menjelaskan. Akan tetapi, pada aspek keterampilan mengadakan variasi pembelajaran, membimbing diskusi, serta mengajar di kelompok kecil dan peseorangan keterampilan mahasiswa teridentifikasi rendah. Maka dari itu, mahasiswa memerlukan pengetahuan, pemahaman, serta penerapan keterampilan dasar mengajar agar melaksanakan tugasnya dengan baik di sekolah. Hal tersebut dapat dimiliki mahasiswa dengan memaksimalkan potensi diri dan pembekalan yang diberikan oleh Kemendikbudristek sebelum penugasan di lapangan. Adapun peran Dosen Pembimbing Lapangan dalam hal ini juga dibutuhkan untuk melakukan monitoring dan evaluasi mahasiswa selama program berlangsung. Sinergi antara mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan diperlukan dalam hal meningkatkan keterampilan dasar mengajar yang dimiliki mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 1.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47.
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.
Damanik, R., Sagal, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Medan: UMSU Press.
Hakim, N., Yudiyanto, Hakiki, P. R. L., & Soleha, S. (2020). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Tadris Biologi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1), 56–63.
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kemdikbud di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 1(2), 1–8.
Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Irawati, H. (2020). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi di Pendidikan Biologi FKIP UAD. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 34–41.
Jupriyanto, & Nuridin. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 14–18.
Kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. (2021). Kampus Mengajar. https://kampusmerdeka .kemdikbud.go.id/program/mengajar
Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Ditjen Dikti Kemdikbud RI.
Kemendikbud. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/163703/permendikbud-no-3-tahun-2020
Kemendikbud. (2021). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 74/P/2021. https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/salinan-keputusan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-nomor-74p2021
Lutfiyah, L., & Putra, E. D. (2020). Mengkaji Hasil Evaluasi Calon Pendidik Matematika pada Keterampilan Mengajar dalam Micro Teaching. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 163–170.
Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqruang: Conference Series, 1(2), 1–8.
Makarim, N. A. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/22633/1/Panduan-Program-Kampus-Mengajar-Angkatan-1-Tahun-2021.pdf
Meha, A. M., & Bullu, N. I. (2021). Hubungan Kesiapan Mengajar dan Proses Praktik Pengalaman Lapangan dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 412–420.
Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian Penguatan (Reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83–96.
Rohima, Wardhani, S., & Sumah, A. S. W. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA pada Masa Pandemi di SMP Islam Terpadu Se-Kota Palembang. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(4), 136–144.
Shoffa, S. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Microteaching. Surabaya: Penerbit Mavendra Pers.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sutrisno, T. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar (The Art of Basic Teaching). Pamekasan: Duta Media.
Yuhanni, & Rangkuti, A. N. (2021). Refleksi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan IAIN Padangsidimpuan. Forum Paedagogik, 12(2), 216–230.