Persuasive Techniques Used in the 2020 North Central Timor District Head Election Campaign Posters
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini membahas tentang teknik-teknik persuasif yang digunakan dalam poster kampanye pemilihan kepala daerah Kabupaten Timor Tengah Utara tahun 2020. Poster dipilih karena hampir semua partai atau pasangan calon bupati dan calon wakil bupati menggunakan poster sebagai alat untuk berkampanye. Terdapat tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang berkompetisi dalam pemilihan umum tahun 2020. Teknik persuasif yang dapat digunakan dalam bahasa poster adalah rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, dan penggantian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bertumpu pada metode deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan penggunaan teknik persuasif dalam poster kampanye pemilihan kepala daerah kabupaten Timor Tengah Utara. Subjek penelitian ini adalah kalimat yang terdapat dalam poster kampanye pemilihan kepala daerah di Kabupaten Timor Tengah Utara tahun 2020. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, teknik persuasif yang digunakan dalam poster ketiga pasangan calon sangat bervariasi. Masing-masing pasangan calon menggunakan teknik persuasif yang berbeda-beda. Pada poster paslon 01 ditemukan penggunaan teknik persuasif bertipe sugesti paling dominan digunakan dengan perolehan persentase 75%. Pada paslon 02 ditemukan penggunaan teknik persuasif bertipe rasionalisasi paling dominan dengan perolehan persentase 75%. Selanjutnya pada paslon 03 penggunaan teknik persuasif bertipe identifikasi paling dominan dengan perolehan persentase 50%. Selanjutnya, berdasarkan perhitungan dari keseluruhan data penggunaan teknik persuasif pada poster kampanye ketiga pasangan calon disimpulkan bahwa penggunaan teknik rasionalisasi dan teknik sugesti paling dominan digunakan, yaitu dengan perolehan persentase sebanyak 33%, diikuti teknik identifikasi dengan perolehan persentase 25% dan teknik kompensasi dengan perolehan persentase sebanyak 8%. Sedangkan penggunaan teknik persuasif bertipe konformitas, teknik substitusi dan teknik proyeksi hampir tidak pernah digunakan pada poster kampanye masing-masing paslon.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aziz, S. A. H., & Othman, S. K. (2020). Speech Acts Uses in Persuasion and Deception in Marketing Discourse. Journal of the University of Babylon for Humanities, 28(6), 12.
Azizah, S. N., & Rustono, R. (2020). Tuturan Ilokusi dalam Wacana Pidato Kampanye Prabowo Subianto pada Pemilu 2019. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 144–150. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.35604
Beebe & Beebe. (2012). Public Speaking: An Audience-Centered Approach (8th ed.). Boston: Pearson Education.
Dyatmika, T., & Afnan, D. (2018). Efektivitas Poster Kampanye Sosial Safety Riding Dari Limbah Kain Batik Untuk Mengubah Perilaku Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon Dalam Berkendara. 10(2).
Fauzia, V. S., Haryadi, H., & Sulistyaningrum, S. (2019). Tindak Tutur Direktif Dalam Sinetron Preman Pensiun Di Rcti. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 33–39. https://doi.org/10.15294/jsi.v8i1.29855
Finoza, L. (2001). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Firmansyah, I, Kuntjara, E. (2016). Persuasive Strategies Used By Agung Sedayu Group in the Infomercial , Metro Tv. Kata Kita, 4(2).
Fitria, T. N. (2021). Persuasive Strategies in Selected Brand Products’ Advertisement on Instagram: Rationalization Aspect. Journal of Pragmatics Research, 3(2), 108–130. https://doi.org/10.18326/jopr.v3i2.108-130
Fogg, B. J. (2008). Mass interpersonal persuasion: An early view of a new phenomenon. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 5033 LNCS, 23–34. https://doi.org/10.1007/978-3-540-68504-3_3
Fransen, M. L., Smit, E. G., & Verlegh, P. W. J. (2015). Strategies and motives for resistance to persuasion: an integrative framework. Frontiers in Psychology, 6(August), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01201
Handoko, A., Kiram, F., Rinaldi, M. F., Rafi, M., Hadi, A., Rafido, M. Z., & Nugraha, S. A. (2021). Pengaruh Desain Poster Kampanye Prokes Covid-19. Jurnal Desain, 1(2), 92–96.
Herrmann, M., & Shikano, S. (2021). Do campaign posters trigger voting based on looks? Probing an explanation for why good-looking candidates win more votes. Acta Politica, 56(3), 416–435. https://doi.org/10.1057/s41269-020-00159-3
Johansen, J. D., & Larsen, S. E. (2005). Signs in Use: An Introduction to Semiotics. London: Routledge.
Keraf, G. (2008). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Marwoto, Suyatmi, S. (1985). Komposisi Praktis. Yogyakarta: Hanindita.
Merriam, S. B. (2009). Qualitative Research : A Guide to Design and Implementation. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.
Moeleong, L. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pérez-Hernández, L. (2020). Speech Acts in English: From Research to Instruction and Textbook Development. Cambridge: Cambridge University Press.
Rahayu, Y. T. (2018). Penerapan Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas VI SDN 6 Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016-2017. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1820
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma Press.
Ta, V. P., Boyd, R. L., Seraj, S., Keller, A., Griffith, C., Loggarakis, A., & Medema, L. (2021). An inclusive, real-world investigation of persuasion in language and verbal behavior. Journal of Computational Social Science, 5(1), 883–903. https://doi.org/10.1007/s42001-021-00153-5
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.
Wijaya, O. O., & Tedjaatmadja, H. M. (2017). Persuasive Strategies Used By Insurance Agents in Prospecting Customers Based on the Customers’ Age Factor. K@ta Kita, 5(1), 15–20. https://doi.org/10.9744/katakita.5.1.15-20
Yoon, C., Laurent, G., Fung, H. H., Gonzalez, R., Gutchess, A. H., Hedden, T., … Skurnik, I. (2005). Cognition, Persuasion and Decision Making in Older Consumers. Marketing Letters, 16(3), 429–441. https://doi.org/10.1007/s11002-005-5903-3