Hasrat Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Midah Si Manis Bergigi Emas Karya Pramudya Ananta Toer (Kajian Skizoanalisiss Gilles Deleuze Dan Felix Guatari)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hespi Septiana
Shelya Chabibbah
Nur Farida Maulidya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan hasrat kepribadian tokoh utama dalam novel Midah Si Manis Bergigi Emas karya Pramudya Ananta Toer. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Skizoanalisis Gilles Deleuze dan Felix Guatari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari novel Midah Si Manis bergigi Emas karya Pramudya Ananta Toer. Data berupa kutipan kalimat pada novel yang dianalisis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik pustaka dan dokumen. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Data diperoleh dari teks novel yang menjelaskan hasrat kepribadian tokoh Midah berdasarkan teori Gilles Deleuze dan Felix Guatari. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan (1) Hasrat menentang atau memberontak (2) hasrat keberanian, dan (3) hasrat kebebasan,

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Bogdan, R; Taylor. S. (1992). Pengantar Metode Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.
Darni. (2013). “Fenomena Perdagangan Perempuan dalam Fiksi Jawa Modern”. Jurnal Litera. Volume 12. Nomor 1. Hlm 13—26.
Deleuze, G. (2004). The Logic of Sense. New York: Continuum.
Deleuze, G, & Guattari, F. (1977). Anti Oedipus, Capitalism, and Schizophrenia. New York.
Hardiono, L.W. (2021). Hasrat Molar dalam Novel Tetralogi Dangdut Karya Putu Wijaya: Kajian Skizoanalisis Gilles Deleuze dan Felix Guattari. Jurnal Education and Development. Vol. 9 no. 1 Februari 2021. Tapanuli Selatan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Hartono, A. (2007). Skizoanalisis Gilles Deleuze dan Felix Guattari: Sebuah Pengantar Geneologi Hasrat.Yogyakarta: Jalasutra.
Suryosumunar, J.A.Z. (2019). Perspektif Gilles Deleuze Terhadap Proses Imitasi dalam Masyarakat Konsumeris di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Waskita. Vol. 3 no. 2 Oktober 2019. Malang: Universitas Brawijaya.
Sutiyarti, U. dkk. (2021). Hasrat Kepribadian Skizofrenik Tokoh Utama dalam J-Dorama: Bokura wa Kiseki de Dekite iru Perspektif Skizoanalisis Deleuze dan Guattari. Jurnal AYUMI: Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra, Volume 8, Nomor 1, Maret 2021, pp. 1-19. Surabaya: Universitas Dr Sutomo.
Toer, Pramudya Ananta. (2017). Midah Si Manis bergigi Emas. Jakarta: Lentera Dipantara
Wilmer dan Zukauskaite. (2015). Deleuze and Beckett. New York: Palgrave Macmillan.