Pelanggaran Prinsip Kesantunan dalam Judul Berita Politik Pilkada pada Media Cetak dalam Perspektif Pragmatik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Rohmadi

Abstract

Judul berita merefleksikan keseluruhan isi wacana kritis yang disampaikan secara ekspositoris. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif pada judul berita politik di media cetak yang ada di Indonesia dalam perspektif pragmatik. Identifikasi yang dilakukan dengan snowball sampling seluruh judul atau headline berita politik sampai menemui titik jenuh. Setelah mencapai titik jenuh, dilakukan triangulasi data untuk menguji validitasnya. Validitas yang digunakan dengan triangulasi metode, triangulasi sumber, dan triangulasi peneliti. Teknik analisis data dengan teknik interaktif yang terdiri atas empat tahap pengolahan data, yakni pengumpulan data, reduksi data, penarikan simpulan, dan display data. Sebagai penguatan, bersama dengan ADOBSI (Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia) dilakukan diskusi terpumpun untuk uji kelayakan dan keterbacaan. Berdasarkan hasil dan analisis data ditemukan: (1) banyak judul-judul berita politik pilkada yang elanggar prinsip kesnatunan, (2) ditemukan aneka tuturan yang melanggar prinsip kearifan sehingga berakibat pada pemahaman yang berbeda dari lawan tutur, dan (3) ditemukan aneka tuturan langsung mengakibatkan ketidaksepahaman pembaca dalm judul politik pilkada.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Cruse, D.A. (2000). Meaning in Language: An Introduction to Semantics and Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.
Galarneau, Joseph. (2009), Publishing Research Quarterly, 25(2):89-93. doi:10.1007/s12109- 009- 9105-3
Gazdar, G. (1979). Pragmatic: Implicatur, Presupposition, and Logical Form, hlm.38. New York: Academic Press.
Grice, H.P. (1957). “Meaning”. The Philosophical Review, volume 67. Durham: Duke University Press.
Grice, H.P. (1975). Logic and Conversation. dalam Cole, Peter dan J. Morgan (Eds.). Pragmatic: A Reader, hlm. 43, 45—47, 308. Oxford: Oxford University Press.
Gunarwan, A. (2007). Pragmatik: Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.
Ilmi, M., & Baehaqie, I. (2021). Tindak Tutur Ilokusi pada Program Acara Talk Show Mata Najwa Episode Gus Mus dan Negeri Teka-Teki. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 31-36.
Leech, Geoffrey. (1991). Principle of Pragmatics. London: Longman
Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.
Resmadi, Idhar dan Yuliar, Sonny. (2014), Kajian Difusi Inovasi Konvergensi Media di Harian Pikiran Rakyat, Jurnal Sosioteknologi, Vol. 13 No. 2, Agustus 2014.
Rohmadi, Muhammad. (2017). Strategi Tindak Tutur dan Implementasi Prinsip Kesantunan Humor pada Media Sosial sebagai Media untuk Menjaga Kebhinekaan Masyarakat Multikultural di NKRI. Ikaprobsi, Vol.1 hlm. 32-40
Rustono. (1999). Pokok- Pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press
Wijana, D.P. dan Rohmadi, M. (2009). Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis, Surakarta: Yuma Pustaka.
Wulandari, E., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Tindak Tutur Representatif Dalam Video †œTrik Cepet Jawab Soal Matematika Bahasa Inggris Versi Jerome! Pada Saluran Youtube Jerome Polin. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 65-70.