Fenomena Campur Kode pada Media Sosial Instagram Mahasiswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desy Rufaidah
Ermawati Ermawati
Raheni Suhita

Abstract

Saat ini mahasiswa banyak mengunggah foto berbagai kegiatan yang dilakukan, tempat, atau apa pun yang ingin disampaikan kepada orang lain melalui akun Instagram (IG). Sebelum makanan atau minuman dinikmati, disempatkan untuk difoto kemudian diunggah di media sosial. Foto yang diunggah di IG dilengkapi dengan keterangan. Dalam penulisan keterangan tersebut kerap memasukkan unsur bahasa Inggris. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud dan penyebab peristiwa campur kode. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data berupa peristiwa campur kode pada keterangan foto IG. Data diperoleh dari akun IG mahasiswa dan informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Data yang telah divalidasi dianalisisndengan analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa wujud campur kode berupa kata dan frasa. Campur kode dilakukan karena lingkungan sosial dan menunjukkan keakraban.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aziz, A. L. (2014). Penguatan Identitas Bahasa Indonesia sebagai Lambang Identitas Nasional dan Bahasa Persatuan Jelang Penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Jurnal Studi Sosial, 6(1), 14–20.
Bokamba, E. G. (1988). Code-mixing, language variation, and linguistic theory:: Evidence from Bantu languages. Lingua, 76(1), 21–62. https://doi.org/10.1016/0024-3841(88)90017-4
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal (Revisi). Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mix Methods Approaches (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.
Febriani, M., Setyaningsih, N. H., & Nugroho, A. (2022). Konstruksi Baru Identitas Banyumasan dalam Penggunaan Bahasa Pada Generasi Y: Studi KasusPlatform Instagram. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 1–11.
Hermaji, B. (2016). Teori dan Metode Sosiolinguistik. Magnum Pustaka Utama.
Irrohman, A. T., & Rokhman, F. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Ceramah Habib Al-Muthohhar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 51–58.
Jimmi. (2019). Code-Mixing in Language Style of South Jakarta Community Indonesia. Premise : Journal of English Education and Applied Linguistics, 8(2), 193–213.
Kompasiana. (2022, February). Data Digital Indonesia Tahun 2022. Kompasiana.
Kusno, A., & Rusbiyantoro, W. (2020). Gaya Bahasa Pidato Jokowi dalam Pembukaan Annual Meetings IMF-World Bank Group di Bali. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(1), 72—89.
Leavy, P. (2017). Research Design Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community Based Participatory Research Approaches. The f Guilford Press.
Ningrum, F. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Postingan di Akun Instagram Yowessorry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 8(2), 119–125.
Saddhono, K. (2013). Pengantar Sosiolinguistik Teori dan Konsep Dasar. Sebelas Maret University Press.
Santosa, R. B. (2017). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87–102. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089
Saripudin, D., Fauzi, W. I., & Nugraha, E. (2021). The Development of Interactive E-Book of Local History for Senior High School in Improving Local Wisdom and Digital Literacy. European Journal of Educational Research, 11(1), 17–31. https://doi.org/doi.org/10.12973/eu-jer.11.1.17
Sirajuddin, K. K., Ahmad, & Siswanti, D. N. (2023). Hubungan Harga Diri Dengan Kepuasan Hidup Generasi Z Pengguna Media Sosial Instagram. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 255–265.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Sanata Dharma University Press.
Vu, T. Van. (2021). The Impact of Social Networking Sites on Study Habits and Interpersonal Relationships among Vietnamese Students. Journal of Language & Education, 7(1), 206–218. https://doi.org/10.17323/jle.2021.9818