Pendidikan Multikultural dalam Film Animasi Upin Ipin Episode Ragam Ramadhan, Raya Norma Baharu, dan Raya Penuh Makna

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rini Anggraini
Asnawi Asnawi

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan pendidikan yang harus diprioritas, hal tersebut terkait keanekaragaman yang menjadi konten dalam pendidikan multikultural yang berupa perbedaan karakter, cara pandang, budaya, dan toleransi. Nilai Pedagogis multikulturalisme dapat menjadi solusinya dalam mengatasi berbagai masalah di Indonesia sebab budaya di Indonesia sangat beragam. Masyarakat Indonesia harus mempelajari nilai-nilai pendidikan multikultural dari anak-anak, karena dimasa anak-anak adalah masa pembentukan karakter. Film animasi Upin dan Ipin merupakan salah satu film yang memiliki nilai-nilai pendidikan multikultural, hal ini dikarenakan film animasi ini berisi beragam kebudayaan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang nilai multikultiral dan makna yang terkandung dalam film animasi Upin dan Ipin tersebut. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif, dikarenakan penelitian ini berfokus pada penyajian laporan dari kutipan-kutipan narasi yang terkandung di dalam film Upin dan Ipin. Data yang digunakan ialah cuplikan tuturan pada film Upin dan Ipin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menonton atau observasi, dokumentasi, selanjutnya teknik kode (menandai bagian yang akan di analisis) dan terakhir menganalisis data sesuai dengan nilai pendidikan multikultural. Hasil yang diperoleh dalam film animasi Upin Ipin episode Ragam Ramadhan, Raya Norma Baharu, Raya Penuh Makna terdapat nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu pluralisme, keadilan, kesetaraan, humanisme, toleransi, demokrasi, tolong menolong, dan mendahulukan dialog. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pembaca mengenai pentingnya nilai pendidikan multikultural dalam membangun toleransi kehidupan bermasyarakat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Agustina, D. J. (2016). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Tematik Terpadu SDN PUNTEN 01 BATU. 8–27.
Amin, M. (2017). Pendidikan Multikultural. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 14–34. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.3
Anida, A. (2020). Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural siswa di SD My Little Island Kota Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/24908%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/24908/1/16110079.pdf
Cahyono, H., & Susanti, Y. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Film Animasi Upin Ipin Episode Esok Hari Raya, Gong Xi Fa Cai, Dan Deepavali. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01), 70. https://doi.org/10.24127/att.v3i01.977
Chyntia, C. (2019). Aktualisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pai dalam kerangka pengembangan kebangsaan terhadap siswa di sma kharisma bangsa. 55, https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/48212/1/CHIKA%20CHYNTIA.pdf.
Hafid, A. (2020). Pendidikan Multikultural dalam Masyarakat Transisi : Studi Interaksi Nilai Agama dan Budaya di Batam. 1–258. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54457/1/ABD. HAFID - SPs.pdf
Heppiyani, I. (2021). Representasi Fenomena Kontrol Sosial Gosip dalam Film Pendek "Tilik" (Kajian Sosiologi Sastra). Jurnal Sastra Indonesia, https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.47268
Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural : Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Addin,7(1).
Ihwanah, A. (2018). Signifikansi Nilai Pendidikan Multikultural dalam Animasi Upin dan Ipin Terhadap Sikap Toleransi Beragama. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 01–16. https://doi.org/10.52431/murobbi.v2i1.120
Irham. (2005). Pendidikan Berwawasan Multikultural. Bandung, 67.
Jaelani, M. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Upin Dan Ipin. Fikrah : Journal of Islamic Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.32507/fikrah.v4i1.610
Kurniawati. (2019). Hubungan Pengembangan Nilai Multikultural Pada Materi Pendidikan Agama Islam Dengan Sikap Toleransi Siswa Di Sma Negeri Olahraga Provinsi Riau. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Lestari, M. (2021). Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Film Preman Pensiun The Movie. Jurnal Sastra Indonesia. DOI 10.15294/jsi.v10i1.39957.
Mahardhika, J. D. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 13 Kota Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6905%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/6905/1/SKRIPSI JODY DWI MAHARDHIKA.pdf
Mahfud, C. (2016). Pendidikan Multikultural. Pustaka Belajar.
Mochtar, R. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 415–420. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3579
Nugraha, D. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Pendidikan PKN, 1(2), https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPPKn/article/view/40809
Nugrahani, F. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Nurjanah, S. (2020). Penanaman Nilai-nilai Multikulturalisme dalam Pembelajaran Sejarah Sub Materi Pokok Indonesia Zaman Hindu-Buddha pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga Tahun Ajaran 2016/2017, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/19928.
Padiatra, A. M. (2022). Belajar Toleransi dari Animasi : Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Serial Kartun Upin-Ipin. Journal of Animation and Games Studies, 8(2), 125–146. https://doi.org/10.24821/jags.v8i2.5511
Prastiwi, E.Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Bakti 1 Arrusydah Bandar Lampung. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan, http://repository.radenintan.ac.id/6987/
Purnamasari, R.Y.D. (2021). Pengaruh Film Kartun Upin Ipin Terhadap Perilaku Anak Usia 7-9 Tahun. Jurnal Edukasi Nonformal, https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/425.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Risdiany, H. (2021). Pengaruh Upin dan Ipin Terhadap Perkembangan Moral Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.577
Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di Sma. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 475–496. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778
Yusarani, M. (2021). Nilai – nilai pendidikan multikultural dalam surat al-hujurat ayat 9-13. 70, http://repository.radenintan.ac.id/13728/
Zahara, D.N. (2021). Pengaruh Film Animasi Upin dan Ipin sebagai Media Terhadap Minat Belajar Anak di Sekolah Dasar Negeri 106 Kota Bengkulu. Skripsi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, http://repository.iainbengkulu.ac.id/8383/