Kepribadian Anak dalam Novel Sesuk Karya Tere Liye: Analisis Psikologi Sastra Sigmund Freud

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Evi Chamalah
Reni Nuryyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis novel Sesuk karya Tere Liye berdasarkan konsep psikologi sastra oleh Sigmund Freud yang berkaitan dengan kepribadian Id, Ego, dan Ego. Melalui analisis psikologi sastra, akan diketahui bentuk-bentuk perilaku, perasaan, dan pemikiran anak dalam interaksi di dalam keluarga. Penelitian ini juga dapat menggambarkan pribadi seseorang dalam masa perkembangan dan pengaruh-pengaruh lainnya yang secara tidak langsung terlibat dalam pembentukan kepribadian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sebuah novel berjudul Sesuk karya Tere Liye. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, dan klausa dalam novel Sesuk yang menggambarkan kepribadian tokoh anak di dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga unsur kepribadian ditemukan pada tokoh utama bernama Gadis. Tokoh Gadis memiliki unsur kepribadian Id yang tampak pada beberapa keinginannya yang kuat dalam menghadapi permasalahan sehari-hari. Unsur peribadian Ego terlihat pada tindakan tokoh Gadis kepada orang tua dan teman-temannya. Pada kepribadian Ego, tokoh Gadis melakukan tindakan-tindakan yang didasarkan pada pengetahuan norma-norma sosial dan norma kesopanan yang telah diajarkan orang-orang disekitarnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aliasar, Sonny Andriansyah Bachmid dan Parmin. (2021). Reaksi Formasi Ego Tokoh Zahrana dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El-Shirazy: Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Bapala, 8(05):19-27. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/41147
Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Aulia, Fikra Hawa, et al. (2020). Terjun Perkembangan Puisi dengan Pendekatan Moral dan Psikologi. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin, 3(1): 258–264. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/36
Ekiwardani, Dyah Ayu Fitri dan Sumartini. (2021). Kepribadian Tokoh Utama Alyssa dalam Novel Fireflies in The Midnight Sky Karya Francisca Todi. Jurnal Sastra Indonesia, 10(3): 191-197. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i3.45324
Endaswara, Suwardi. (2003). Pendidikan Budi Pekerti dalam Budaya Jawa. Jakarta: Rineka Cipta.
Endraswara, Suwardi. (2011). Metodologi Penelitian Sastra; Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama
Faizah, Noor Laili dan Sri Oemiati. (2020). Kecerdasan Emosional Tokoh Totto Chan dalam Novel Madogiwa No Totto Chan karya Tetsuko Kuroyanagi menurut Teori Goleman- sebuah Analisis Psikologi. Jurnal Lite, 16 (1):44-72.https://doi.org/10.33633/lite.v1i1.3448
Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fatah, R. A. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Novel Mahamimpi Anak Negeri Tinjauan Psikologi Sastra. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 12 –23. https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2412
Fatmawati, Ira et al. (2021). Struktur Kepribadian Para Tokoh dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi (Analisis Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3): 7575-7579. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2207
Giriani, Nella Putri et al. (2017). Kepribadian Tokoh Utama dalam Naskah Monolog Balada Sumarah Karya Tentrem Lestari: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Ilmu Budaya, 1(1):1-12. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/665/603
Inas, RR Keisha Putri. (2011). Kepribadian Anak dalam Novel “Gadis Cilik Dijendela” Karya Tetsuko Kuroyanagi (Kajian Psikologi Sastra Sigmund Freud). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1):1-10. https://core.ac.uk/download/pdf/230783564.pdf
Najid, Moh. (2009). Mengenal Apresiasi Prosa Fiksi. Surabaya: Unesa, University Press.
Pradnyana, I Wayan Gede et al. (2019). Psikologi Tokoh dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Psikologi Sastra. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3): 339-347. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21844
Ratna, Nyoman Kuntha. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rozali, et al. (2018). Fenomena Perilaku Psikopat dalam Novel Katarsis Karya Anastasia Aemilia: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sastra Indonesia, 7(3):173-178. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/29841
Nastiti, Vilda Gemi dan Ezik Firman Syah. (2022). Psikologi Sastra dalam Cerita Anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu Karya Anee Rahman sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1):104-110. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.43764
Nurjam’an, Muhamad Ichsan et al. (2023). Analisis Psikologi Sastra dalam Novel Paradigma Karya Syahid Muhammad sebagai Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12 (1):105-112. https://doi.org/10.47492/jih.v12i1.2639
Nurkamila, et al. (2022). Analisis Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Gemaya Karya Risma Ridha Annisa (Tinjauan Psikologi Sastra). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 (1): 1-8. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1249/952
Sari, Seplia Sartika dan Ermanto. (2018). Emotional Intelligence of Main Children in the Di Tanah Lada Novel. Proceedings of the International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE). Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/iclle-18/55908026
Sartika, Eka et al. (2022). Analisis Pendekatan Psikologi Sastra dalam Novel Re: dan Perempuan. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 12 (2):1-8. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/article/view/15801/4961
Setyorini, Ririn (2017). Analisis Kepribadian Tokoh Marni Kajian Psikologi Sigmund Freud dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, 2 (1):12-24. https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/5348
Sugihastuti. (2007). Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suprapto. (2018). Kepribadian Tokoh dalam Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Muchtar Lubis Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Metafora, V(1):54-69. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/5028
Suroto. (1989). Apresiasi Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa.
Wandira, Jenny Carlina et al. (2019). Kepribadian Tokoh Aminah dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fithrati: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Ilmu Budaya, 3(4):413-419. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v3i4.2114
Warnita, Siti et al. (2020). Analisis Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Jurnal Enggang, Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2): 45-55. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2852
Wilyah, Wahdaniyah et al. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Dara dalam Novel Brizzle:Cinta Sang Hafizah Karya Ario Muhammad (Psikologi Sastra). Jurnal Konsepsi, 10 (2): 82-87. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/64
Yasin, Ali Nur dan Sarisy Syafaah. (2021). Struktur Kepribadian Tokoh Iryan dalam Novel al-Rajulu al-Lazi Amana Karya Najib al-Kailani (Analisis Psikologi Sigmund Freud). Jurnal Tsaqofiya, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 3(1):61-75. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i1.68