Hubungan Antara Biografi Pengarang dengan Sosiologi Karya Sastra dalam Novel Megat Karya Rida K. Liamsi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sudirman - Shomary
Jamilin Tinambunan
Nurul Aini Sudirman

Abstract

Rida K. Liamsi adalah seorang sastrawan, jurnalis, dan aktivis sosial budaya Melayu. Di antara karyanya, novel Megat yang banyak mengandung unsur sosial, etika, dan budaya Melayu. Dalam sosiologi sastra terdapat hubungan antara biografi pengarang dengan karya sastra. Masalah yang diteliti adalah pemaparan hubungan biografi pengarang dengan unsur sosiologi karya sastra dalam novel Megat karya Rida K. Liamsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). Temuan penelitian ini adalah terdapatnya hubungan antara biografi pengarang dengan unsur sosiologi karya sastra dalam novel Megat karya Rida K. Liamsi. Sebagai jurnalis, penulis, dan pengusaha media, Rida K. Liamsi adalah sosok yang idealis dan futuristik. Dia berhasil membuat media massa yang dipimpinnya maju dan berkembang dengan baik, bahkan Riau Pos menjadi media terbesar di Sumatera. Dalam novel ini, tokoh utama, Megat Ismail, adalah seorang novelis yang sedang menulis novel Megat, juga seorang jurnalis di Kepulauan Riau, kampung halaman Megat Ismail, juga tempat kelahiran Rida K. Liamsi. Tokoh utama novel ini juga pecinta sejarah dan budaya Melayu. Hal itu terlihat dari perbincangannya dengan sosok Tengku Adinda, mahasiswa S3 Jurusan Sejarah Universitas Durian Daun Melaka yang meneliti sejarah Johor dan Riau. Selain itu, novel ini juga membahas aspek sosial dan budaya Melayu. Berarti terdapat hubungan antara biografi pengarang (Rida K. Liamsi) dengan karya sastranya (novel Megat).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ahmad, A. S. (2008). Sulalatus Salatin - Sejarah Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Ardias, A. Y, Sumartini dan Mulyono. (2019). "Konflik Sosial dalam Novel Karena Aku Tak Buta Karya Rendy Kuswanto. Jurnal Sastra Indonesia. Volume 8 No. 1, Edisi Maret.
Arifin, A., dkk. (2021). Kesultanan Melayu Melaka: Warisan, Tradisi dan Pensejarahan. Pulau Pinang: USM Press.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Effendy, T. (2012). Ungkapan Tradisional Melayu Riau. Pekanbaru: Lembaga Adat Melayu Riau dan Pemerintah Daerah Provinsi Riau.
Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS.
Hashim, M. Y. (1996). Kesultanan Melaka. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Kamus Dewan. (2015). Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Koentjaraningrat. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Koentjaraningrat. (2019). Pengantar Antropologi II: Pokok-pokok Etnografi. Jakarta: Rineka Cipta.
Legi, M., Arianingsih, L. A., & Febrianty, F. (2017). “Hubungan Aspek Sosiologi Pengarang dengan Unsur Instrinsik dalam Novel Nijuushi No Hitomi”. Jurnal Janaru Saja Vol. VI No. 1. Edisi Mei.
Liamsi, R. K. (2016). Megat, Sebuah Novel. Pekanbaru: Sagang Intermedia Pers.
Liamsi, R. K. (2016). Prasasti Bukit Siguntang dan Badai Politik di Kemaharajaan Melayu, 1140-1946. Pekanbaru: PT Riau Pos Group Media.
Mahayana, M.S. (1995). Kesusastraan Malaysia Modern. Jakarta: PT Pustaka Jaya.
Meirysa, S. & Wardarita, R. (2021). “Social Context and Literature Sociological Functions in the Novel About You by Tere Liye.” Jurnal Penelitian Guru Indonesia (JPGI) Vol. 6 No. 3 2021, pp 742 – 747. Content list available at Journal Indonesian Institute for Connecting Educations and Therapy (IICET).
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putut, A. (2017). “Empat Tahun Rida K. Liamsi Riset Sultan Mahmud Muzaffar Syah”. Batam Pos, 18 Juli. Diakses Senin 07 November 2022 pk. 10.15.
Ratna, I N. K. (2015). Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Bentang Budaya.
Ratna, I N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme hingga Pos Strukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rismayanti, N. W., Martha, I. N., & Sudiana, I. N. (2020). “Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Puzzle Mimpi Karya Arya Anna Farida”. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol. 9 No. 1.
Ruqaiyah. (2015). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: ProDemokrasi Rakyat.
Semi, M. A. (2013). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.
Sikana, M. (2015). Teori Sastera Kontemporari. Bangi Selangor: Pustaka Karya.
Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Taher, M. N. (2019). “Membaca Novel Rida K. Liamsi Selak Bidai Lepak Simbang Tun Irang”. sungaikuantan.blogspot.com. dan Kuansing kita.com. edisi 29 Juni.
Wellek, R. & Warren, A. (2010). Theory of Literature. New York: A Harvest Book Harcourt, Brace & World Inc.
Wikipedia. (2023). Gabungan Persatuan Penulis Nasional Malaysia. m.s.wikipedia.org. diakses Pk. 22.05. tgl. 13 Juli
Wiyatmi. (2013). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Bentang Budaya.