Kesantunan Tuturan Interogatif dalam Talkshow Kick Andy Ketakutan Dibalik Bebasnya Umar Patek

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nova Ardila Ningsih
Alber Alber

Abstract

Kesantunan berbahasa dalam setiap tuturan tentunya menjadi perhatian penting bagi penuturnya, terkhusus pada tuturan interogatif. Kegiatan berkomunikasi akan berjalan baik apabila penutur dan lawan tutur menggunakan bahasa yang baik dan juga santun. Bahasa yang santun dapat diukur berdasarkan skala kesantunan Leech. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk skala kesantunan berbahasa dalam tuturan talkhow Kick Andy dengan tema Ketakutan di Balik Bebasnya Umar Patek di Youtube. Metode dalam penelitian ini adalah metode analisis isi, karena pada penelitian ini penulis akan mengidentifikasi data, kemudian mengklasifikasi data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Hasil penelitian ini memaparkanmbentuk skala kesantunan yakni skala keuntungan dan kerugian 99 tuturan, skala pilihan 41 tuturan, skala ketidaklangsungan 33 tuturan, skala keotoritasan 1 tuturan, dan juga skala jarak sosial data tuturan tidak ditemukan. Hasil akhir dari penelitian ini ialah tuturan yang digunakan dalam talkshow Kick Andy dengan tema Ketakutan di Balik Bebasnya Umar Patek tergolong ke dalam tuturan yang tidak santun. Tuturan yang tergolong santun 61 tuturan sedangkan tuturan yang tergolong tidak santun 113 tuturan. Dengan demikian tuturan talkshow Kick Andy Ketakutan di Balik Bebasnya Umar Patek lebih banyak didapati tuturan tidak santun. Penelitian ini bermanfaat bagi pengguna bahasa sehingga pada saat bertutur lebih memperhatikan santun tidaknya tuturan yang disampaikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Andriana, M., & Tressyalina. (2022). Kesantunan Berbahasa dalam Tindak Tutur Menyuruh Guru Bahasa Indonesia Berdasarkan Perspektif Gender dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 3 Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Sastra Indonesia, 11(2), 130.
Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 42–54.
Asdar, Hamsiah, & Angreani, A. V. (2019). Kesantunan Bahasa Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 35 Makassar. 1(1), 75–80.
Cahyaningrum, F. (2018). Kesantunan Bahasa Siswa dalam Konteks Negosiasi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pena Indonesia, 4(Volume 4, Nomor 1, Maret 2018), 1–23.
Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.
Daerly, B. (2022). SKALA KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA-FKIP UNIVERSITAS NIAS RAYA Bimerdin Daely. 5(3), 209–214.
Fauzi, M., & Ismandianto, I. (2021). Analisis Wacana Kritis Program Acara Kick Andy Episode Pengakuan John Kei Dari Balik Nusakambangan. Medium, 8(2), 21–32.
Fitri, W., & Fatmawati. (2022). Kesantunan Tuturan dalam Kolom Komentar Akun Twitter Anies Baswedan. 7(2), 92–101.
Halawa, N., Gani, E., & R, S. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Tindak Tutur Melarang Dan Mengkritik Pada Tujuh Etnis. Lingua: Jurna Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 15(2), 195–205.
Hudani Nabila, A., & Fatmawati. (2022). Kesantunan Tuturan Interogatif dalam Talkshow Kick Andy Ada Apa dengan Luhut di Youtube. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 749–759.
Husna, L. L., & Arief, E. (2020). Strategi Kesantunan Bertutur Mahasiswa Kepada Dosen Melalui Komunikasi WhatsApp. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(4), 13.
Jahdiah, N. (2018). Kesantunan Tindak Tutur Bamamai dalam Bahasa Banjar: Berdasarkan Skala Kesantunan Leech. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 7(2), 164. https://doi.org/10.26499/rnh.v7i2.530
Kurniawati, L., & Utama, A. A. (2022). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP PERILAKU NEGATIF ANAK (Studi Kasus pada SDN 2 SUMBAWA). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 2585–2592.
Lutfiana, M. A., & Sari, F. K. (2021). Tindak Tutur Representatif Dan Direktif Dalam Lirik Lagu Didi Kempot. Jurnal Diwangkara, 1(1), 26–35.
Mahsun. (2007). Metode penelitian Bahasa Tahap Strategi, Metode, dan Tekniknya. Raja Grafindo
Persada.
Maiza, S. (2021). Pola Kesantunan Berbahasa Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Belajar Mengajar di SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 14.
Moleong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nadar, F. . (2009). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Graha Ilmu.
Pranowo. (2012). Berbahasa Secara Santun. Pustaka Pelajar.
Rahardi, K. (2005). Kesantunan Imperatif Bahasa Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.
Rahmi, U., Tressyalina, & Noveria, E. (2018). Kesantunan bahasa sms ( short message service ) mahasiswa terhadap dosen jurusan bahasa indonesia pada semester ganjil 2017 / 2018. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(7), 70–78.
Santoso, W. J. (2005). Bentuk, Faktor, dan Skala Keuntungan dalam Penyimpaian Maksud. Journal of Chemical Information and Modeling, 12 Suppl 1(9), 1–29.
Sarno, & Rustono. (2017). Kesantunan Tuturan Penyiar Televisi pada Wacana Siaran Program Hiburan
Televisi Swasta Indonesia. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 297–306.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Data. Sanata.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.