PEMBERIAN PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS VIID SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis motivasi dan prestasi belajar  siswa kelas VIID SMP Islam Sudirman Ambarawa. Manfaat yang diharapkan dalam  penelitian  ini  adalah  untuk  mengembangkan  konsep tentang  pemberian penguatan kepada siswa serta sebagai bahan masukan kepada guru seni budaya untuk meningkatkan  motivasi  dan  prestasi  belajar  siswa dengan  pemberian  penguatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model John Elliot. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes tertulis, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah  deskripsif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  motivasi dan prestasi siswa dalam pelajaran seni budaya meningkat.
Article Details
References
2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Alwilsol. 2008. Psikologi kepribadia nedisi revisi. UPT Universitas Muhammadiyah Malang. Malang .
Anni,Catharina Tri. 2007. PsikologiBelajar. UPT MKK UNNES. Semarang.
Barnawi. 2012. Be A Great Teacher. AR-RUZZ MEDIA. Jogjakarta.
Corey,Gerald.2007. Teori dan praktek Konseling dna Psikoterapi diterjemahkan oleh E, Koswara. PT. Refika Aditama. Bandung.
Fakhrudin, Asep Umar. 2010. Menjadi Guru Faforit. Diva Press. Jogjakarta.
Farozin, Muhdan KartikaNurFathiyah. 2004. PemahamanTingkahLaku. PT RinekaCipta. UniversitasNegeri Yogyakarta.
Hall, S. Calvin dan Gardner Lindzey. 1993. Teori-teori Sifat dan Behavioristik editor Dr. A. Suptratikna.KANISIUS. Yogyakarta.
Joni, T. Raka. 1984. PengukurandanPenilaianPendidikan. YP2LPM. Malang.
Komaruddin, dan Yooke Tjuparmah. 2002. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kuntomo dan Suharto, S. 2009. "Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya melalui Tugas Mandiri pada Ensamel Musik". Harmonia: Journal of Arts Reserach and education, Volume 9 No 2 Tahun 2009
Mahmud. 2011. MetodePenelitianPendidikan. CV PustakaSetia. Bandung.
Marno dan M. Idris. 2010. Strategi dan Metode Pengajaran. AR-RUZZ MEDIA. Jogjakarta.
Moleong, Lexy J. 1994. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya
______________.2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya
______________.2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandun : PT Remaja Rosadakarya
Muhadi. 2011. PenelitianTindakanKelas. Shira Media. Yogyakarta.
Sugandi, Achmad. 2007. Teori Pembelajaran. UPT MKK UNNES. Semarang.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suharto, S. (2011). ACTION RESEARCH TO SOLVE MUSIC TEACHING PROBLEMS IN THE SCHOOL. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v1i1.835
Wade, Carole dan Carol Tavris. 2008. Psikolog iedisi kesembilan diterjemahkan oleh Padang Mursalin dan Dinastuti. Erlangga. Jakarta.
Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.Yogjakarta.
Widiyastuti, E. 2012. �Peningkatan Kemampuan Menggambar Bebas Siswa B1 melalui Strategi Pembelajaran Pemberian Motivasi�. Jurnal Harmonia-Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni Vol 12 No 2 Tahun 2012, hal 132-142.