PEMBERIAN PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS VIID SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA

Main Article Content

Zahidi Sedyadiasto
S. Suharto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis motivasi dan prestasi belajar  siswa kelas VIID SMP Islam Sudirman Ambarawa. Manfaat yang diharapkan dalam   penelitian   ini   adalah   untuk   mengembangkan   konsep tentang   pemberian penguatan kepada siswa serta sebagai bahan masukan kepada guru seni budaya untuk meningkatkan  motivasi  dan   prestasi  belajar  siswa dengan  pemberian  penguatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model John Elliot. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes tertulis, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah  deskripsif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  motivasi dan prestasi  siswa dalam pelajaran seni budaya meningkat.

Article Details

How to Cite
Sedyadiasto, Z., & Suharto, S. (1). PEMBERIAN PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS VIID SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Jurnal Seni Musik, 1(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v1i1.1798
Section
Articles
Author Biographies

Zahidi Sedyadiasto, Gedung B2 Lantai 2 FBS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

S. Suharto, Gedung B2 Lantai 2 FBS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi.1989. Manajemen Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Alwilsol. 2008. Psikologi kepribadia nedisi revisi. UPT Universitas Muhammadiyah Malang. Malang .

Anni,Catharina Tri. 2007. PsikologiBelajar. UPT MKK UNNES. Semarang.
Barnawi. 2012. Be A Great Teacher. AR-RUZZ MEDIA. Jogjakarta.

Corey,Gerald.2007. Teori dan praktek Konseling dna Psikoterapi diterjemahkan oleh E, Koswara. PT. Refika Aditama. Bandung.

Fakhrudin, Asep Umar. 2010. Menjadi Guru Faforit. Diva Press. Jogjakarta.
Farozin, Muhdan KartikaNurFathiyah. 2004. PemahamanTingkahLaku. PT RinekaCipta. UniversitasNegeri Yogyakarta.

Hall, S. Calvin dan Gardner Lindzey. 1993. Teori-teori Sifat dan Behavioristik editor Dr. A. Suptratikna.KANISIUS. Yogyakarta.

Joni, T. Raka. 1984. PengukurandanPenilaianPendidikan. YP2LPM. Malang.
Komaruddin, dan Yooke Tjuparmah. 2002. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuntomo dan Suharto, S. 2009. "Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya melalui Tugas Mandiri pada Ensamel Musik". Harmonia: Journal of Arts Reserach and education, Volume 9 No 2 Tahun 2009


Mahmud. 2011. MetodePenelitianPendidikan. CV PustakaSetia. Bandung.
Marno dan M. Idris. 2010. Strategi dan Metode Pengajaran. AR-RUZZ MEDIA. Jogjakarta.

Moleong, Lexy J. 1994. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya

______________.2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya

______________.2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandun : PT Remaja Rosadakarya

Muhadi. 2011. PenelitianTindakanKelas. Shira Media. Yogyakarta.

Sugandi, Achmad. 2007. Teori Pembelajaran. UPT MKK UNNES. Semarang.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suharto, S. (2011). ACTION RESEARCH TO SOLVE MUSIC TEACHING PROBLEMS IN THE SCHOOL. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v1i1.835

Wade, Carole dan Carol Tavris. 2008. Psikolog iedisi kesembilan diterjemahkan oleh Padang Mursalin dan Dinastuti. Erlangga. Jakarta.

Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.Yogjakarta.
Widiyastuti, E. 2012. �Peningkatan Kemampuan Menggambar Bebas Siswa B1 melalui Strategi Pembelajaran Pemberian Motivasi�. Jurnal Harmonia-Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni Vol 12 No 2 Tahun 2012, hal 132-142.