PEMBELAJARAN LAGU DOLANAN UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SD NEGERI SEKARAN 01

Main Article Content

Rizki Candra Hardiyan
Siti Aesijah
Suharto Suharto

Abstract

Melalui lagu dolanan, anak dapat bermain sekaligus belajar bernyanyi, melakukan gerak secara fisik, bersenang – senang dan bergembira serta bersosialisasi dengan teman sebaya. Ditambah lagi lirik lagu dolanan yang mengandung pesan pendidikan moral yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang pembelajaran lagu dolanan untuk menanamkan nilai karakter pada siswa SD Negeri Sekaran 01. Penelitin ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data, waktu dan sumber. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru selalu menekankan aspek karakter dengan menyisipkan nilai-nilai karakter ke dalam materi pembelajaran. Dengan kata lain, guru selalu menyampaikan aspek karakter lewat pengembangan materi pada pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Hardiyan, R., Aesijah, S., & Suharto, S. (2019). PEMBELAJARAN LAGU DOLANAN UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SD NEGERI SEKARAN 01. Jurnal Seni Musik, 8(2), 106-116. https://doi.org/10.15294/jsm.v8i2.35048
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)