ANALISIS AKTIVITAS FISIK DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMANFAATKAN WAKTU LUANG

  • Andri Darus Sholihin
  • Sugiarto -
Keywords: Physical activity, Learning activity, Leisure time

Abstract

Berbagai aktivitas dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam mengisi waktu luang, diantaranya dengan aktivitas fisik maupun aktivitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang dalam memanfaatkan waktu luang. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan observasi langsung yang didukung dengan dokumen terkait. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Semarang sebanyak 28 orang dari semester dan jurusan yang beragam. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa rata-rata mahasiswa menggunakan waktu luangnya ½ sampai 1 jam sehari untuk belajar dan sebanyak 15 orang yang menggunakan waktu luangnya 3 sampai 4 jam dalam sehari untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Kesimpulan penelitian terhadap pemanfaatan waktu luang mahasiswa lebih banyak digunakan untuk aktivitas fisik yang durasinya lebih lama dari aktivitas belajar.

Various activities can be undertaken by students in their leisure time, such as physical activity and learning activity. The purpose of this study was to determine the activities done by the undergraduated students on the Sport Science Faculty of Semarang State University in utilizing their leisure time. Researcher used qualitative descriptive research type. Data collection techniques are collected by interview and direct observation that supported by relevant documents. The informants in this study were the undergraduated students of the Sport Science Faculty of Semarang State University as many as 28 people from diverse semesters and majors. This study shows that the average student uses his leisure time from ½ to 1 hour a day for learning and as many as 15 people who use the leisure time from 3 to 4 hours a day to do physical activity or exercise. Conclusions of this research on the utilization of leisure time, the undergraduated students used their leisure time to do physical activity in a longer duration than the learning activity.

References

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kualitatif dan Kuantitatif.

Convelo G. Cevilla, dkk., 1993, Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Indonesia.

Herdiyansyah, Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Imam Suprayogo, Tobroni, 2001, Metode Penelitian Sosial Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardalis, 1999, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosdakarya.

Sutrisno Hadi, 1987, Metodologi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Sudarto, 1995, Metodologi Penelitian Filsafat, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

S. Nasution, 1996, Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2016-04-14
How to Cite
Sholihin, A., & -, S. (2016). ANALISIS AKTIVITAS FISIK DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMANFAATKAN WAKTU LUANG. Journal of Sport Science and Fitness, 4(4), 34-37. https://doi.org/10.15294/jssf.v4i4.10095