POTENSI BAKAT OLAHRAGA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KERANGDOWO KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi bakat olahraga Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Karangdowo Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Metode penelitian menggunakan survey test. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kuantitatif, dengan populasi siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Karandowo Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal yang berjumlah 70 anak. Instrumen penelitian dengan menggunakan metode sport search. Metode analisis data menggunakan teknik Ana¬lisis Deskriptif Persentase. Hasil penelitian menunjukkan potensi siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Karangdowo Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal dalam bakat olahraga senam dengan menggunakan metode sport search adalah 12 siswa atau (30%) laki-laki dan 10 siswa atau (33,3%) perempuan yang memiliki bakat olahraga senam. Berdasarkan hasil penelitian disarankan peran aktif pemerintah, guru, pelatih, ataupun semua yang berkecimpung dalam dunia pendidikan memperhatikan dan berupaya menyalurkan potensi dan bakat yang dimiliki oleh siswa, serta dapat memberikan pembinaan bagi anak usia sekolah dasar sehingga potensi yang ada dapat dikembangkan melalui ekstrakulikuler atau klub olahraga yang ada.
Â
The purposeof this research was to determine the potential for sport talentin students of State Elementary School 01 Karangdowo, Sub-district Weleri, Kendal Regency. The test survey research methods. The method usedin this research is descriptive quantitative analysis method, the student population in the State Elementary School 01 Karangdowo, Sub-district Weleri, Kendal Regency totaling 70 children. The research instrument using the "sport search". The methodof data analysis usesanalytical techniques"Descriptive Percentage". The results showthe potential ofthe students inState Elementary School 01 Karangdowo, Sub-district Weleri, Kendal Regencyin gymnastics talentusing the“sportsearch†is 12 students or (30%) men and 10 studentsor (33.3%) women had gymnastics talent. Based on the results of the research suggestedan activerole of the government, teachers, coaches, orall who are involvedin educationpay attentionand try to distribute potential and talent possessed by the students, and to providetraining for primary school age child renso that there is the potential that can be developed through extracurricularor clubexisting sports.
Â
References
Aribinuko Tjiptoadhidjodo dkk. 2000. Pemanduan dan Pembinaan Bakat Usia Dini. KONI Pusat Jakarta
Rusli Luthan dkk. 2000. Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: Depdiknas
M. Furqon. H. 2002. Pemanduan Bakat Olahraga Modifikasi Sport Search. Surakarta: Pusat Penalitian dan Pengembangan Keolahragaan (PUSLITBANG OR) Universitas Sebelas Maret Surakarta.