ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MATA KULIAH PENJAS ADAPTIF DI IKIP BUDI UTOMO
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media ajar yang akan dikembangkan untuk mata kuliah Penjas Adaptif yang sesuai karakteristik mata kuliah, mampu disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini dan tentunya bisa disesuaikan dengan pembelajaran daring sesuai anjuran dari pemerintah. Hasil dari penelitian ini akan digunakan untuk dasar atau rujukan dalam pengembangan buku ajar elektronik mata kuliah Penjas Adaptif. sPenelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif dengan metode survey berjumlah 120 mahasiswa. Sampel penelitian ini menggunakan random sampling dengan subjek 70 mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah Penjas Adaptif dengan subjek 3 dosen. Hasil dari penelitian ini dosen masih menggunakan bahan ajar yang konvensional berupa buku yang kemudian dirubah ke aplikasi powerpoint, ketersediaan sumber belajar yang tidak memadai, 56.7%, sehingga sumber belajar mahasiswa ke internet sebesar 80% dan mahasiswa membutuh bahan ajar elektronik sebesar 45%. Hasil penelitan tersebut mengindikasikan bahwa perlunya dilakukan pengembangan bahan ajar mata kuliah Penjas Adaptif agar lebih futuristic atau sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini yang mudah akses dan menarik. Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mata kuliah Penjas Adaptif memerlukan bahan ajar eletronik yang sesuai karakteristiknya.
Abstract
The purpose of this study was to determine the need for the development of teaching media that will be developed for Adaptive Physical Education courses that are in accordance with the characteristics of the course, able to be adapted to current technological developments, and of course, can be adapted to online learning according to recommendations from the government. The results of this study will be used as a basis or reference in the development of electronic textbooks for Adaptive Physical Education courses. This research uses a qualitative descriptive research method with a survey method totaling 120 students. The sample of this study used random sampling with 70 students as the subject and a lecturer in the Adaptive Physical Education course with 3 lecturers as the subject. The results of this study lecturers still use conventional teaching materials in the form of books which are then converted to PowerPoint applications, the availability of inadequate learning resources, 56.7%, so 80% of student learning resources go to the internet, and students need electronic teaching materials by 45%. The results of this research indicate that it is necessary to develop teaching materials for Adaptive Physical Education courses to be more futuristic or in accordance with current technological developments that are easy to access and attractive. It can be concluded that the Adaptive Physical Education course students require electronic teaching materials according to their characteristics.
References
Cahyanto, B., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Desain Fisik Kelas Berbasis Tema untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I1.10354
Cahyo, A. D., Wiyanto, A., Masri, M., & Santoso, N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Secara Online. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 9(2), 83.
Dwiyogo, W. D. (2013). Media Pembelajaran. Wineka Media.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/HUM.V21I1.38075
Hills, D., & Thomas, G. (2020). Digital technology and outdoor experiential learning. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 20(2), 155–169. https://doi.org/10.1080/14729679.2019.1604244
Hobbs, D. J. (2006). Effects of Content Sequencing and Presentation Mode of Teaching Material on Learning Outcomes. PLET: Programmed Learning & Educational Technology, 24(4), 292–299. https://doi.org/10.1080/0033039870240405
Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 96–99. https://doi.org/10.20961/BIO-PEDAGOGI.V7I2.27636
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/LENSA.V7I2.22
Khaidir, A., Valianto, B., & Nugraha, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Atletik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pedagogik Olahraga, 7(2), 6–16. https://doi.org/10.22245/jpor.v7i2.31230
Muga, W., Suryono, B., & Januarisca, E. L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Model Dick and Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260–264. https://doi.org/10.23887/JET.V1I4.12863
Nuha, U., Amin, M., & Lestari, U. (2016). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Evolusi dan Filogenetik Molekuler untuk Matakuliah Evolusi di Universitas Jember. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1791–1796.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54.
Ramadhani, D. Y., & Fudin, M. S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Portofolio Berbasis Media Interaktif Sebagai Alternatif Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 9(3). https://doi.org/10.32682/BRAVOS.V9I3.1918
Roskvist, R., Eggleton, K., & Goodyear-Smith, F. (2020). Provision of E-Learning Programmes to Replace Undergraduate Medical Students’ Clinical General Practice Attachments During Covid-19 Stand-Down. Education for Primary Care : An Official Publication of the Association of Course Organisers, National Association of GP Tutors, World Organisation of Family Doctors, 31(4), 247–254. https://doi.org/10.1080/14739879.2020.1772123
Saputro, Y. D., & Wahyu, T. A. (2019). Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di IKIP Budi Utomo. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(3), 35–46. https://doi.org/10.24269/JPK.V4.N3.2019.PP35-46
Surahman, F., & Yeni, H. O. (2019). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Renang Bagi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Journal Sport Area, 4(1), 218–229. https://doi.org/10.25299/SPORTAREA.2019.VOL4(1).2413
Tim Pengembang Kurikumlum PJKR. (2020). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum KKNI Program Studi. https://akademik.budiutomomalang.ac.id/siakad/set_kurikulum
Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleks yang Bermuatan Kesantunan bagi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/SELOKA.V4I2.9866
Williams, M., & Moser, T. (2019). The Art of Coding and Thematic Exploration in Qualitative Research. International Management Review, 15(1), 45–55.
Wilson, M. C. (2018). Crowdsourcing and Self-Instruction: Turning the Production of Teaching Materials Into a Learning Objective. Journal of Political Science Education, 14(3), 400–408.
Zimmerman, W. A., & Kulikowich, J. M. (2016). Online Learning Self-Efficacy in Students With and Without Online Learning Experience. American Journal of Distance Education, 30(3), 180–191. https://doi.org/10.1080/08923647.2016.1193801
Zwart, D. P., Van Luit, J. E. H., Noroozi, O., & Goei, S. L. (2017). The effects of digital learning material on students’ mathematics learning in vocational education. Cogent Education, 4(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1313581