PENGARUH PROGAM LATIHAN IMAGERY TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK BANTINGAN CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT PADA LATIHAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI MAN 2 SEMARANG
Abstract
Masalah penelitian ini adalah dalam pencak silat kategori tanding memiliki banyak teknik,salah satunya teknik bantingan. Para anggota ekstrakurikuler pencak silat MAN 2 Semarang mengalami kesulitan mendalami teknik ini, dengan adanya latihan imajeri memberikan kemudahan dan mampu mengulang gerakan di dalam pikiran sehingga teknik bantingan bisa diterapkan dan dipahami dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa progam latihan imajeri dapat meningkatkan teknik bantingan dalam pencak silat kategori tanding pada anggota ektrakurikuler pencak silat MAN 2 Semarang. Populasinya adalah siswa MAN 2 Semarang yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat. Jumlah sampel sebanyak 10 orang yang sabuk jambon. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bantingan dengan 10 kali percobaan. Analisi data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara thitung dengan ttabel adanya pengaruh yang signifikan dalam penelitian ini jika thitung> ttabel dan data dalam penelitian menunjukkan thitung> ttabel yaitu 3,26 > 1,833, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dengan latihan imajeri terhadap peningkatan teknik bantingan. Dari hasil tersebut Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan dalam penelitian ini adalah latihan dengan menggunakan progam latihan imajeri dapat membantu meningkatkan teknik bantingan dalam pencak silat serta siswa memiliki ketenangan dalam mengambil keputusan.Saran yang dapat diberikan penulis adalah progam latihan hendaknya dilakukan rutin tiap minggu seperti halnya memberikan progam latihan fisik.
The problem of this research is in the pencak silattraining has many techniques, one of which is technique dings.The members of the pencak silatextracurricular MAN 2Semarang had difficulty explore this technique, with the imageryexercises provide convenience and is able to repeat themovement in the mind so that the dingstechnique can be appliedand well understood. The purpose of this study is to determine that the imageryexercise program can improve the dings technique thepencak silatsparring category at extracurricularpencak silatmember MAN 2 Semarang. The population is students who followMAN 2 Semarang extracurricular pencak silat. The total sample of 10 students who already wearing pink belt. The sampling technique using purposive sampling. Data collection techniques using test dings with 10 attempts. Data analysis using the ttest. The results showed the difference between the tcount with ttabel, there is a significant influence in this study if tcount> ttable and the data in the study showed tcount> ttable ie 3.26> 1.833, whichstates that there is significant with imagery exercises toincrease dings techniques. From these results Ha is accepted and Ho isrejected. Conclusions of This research is an exercise in using the imageryexercise program can help improve the dings technique in the pencak silat as well as students have the peace in taking decision. Recomendation that can be given is the author of the exerciseprogram should be done regularly every week as well as provide a physical exercise program.
References
Johansyah Lubis. 2004. Pencak Silat. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ali Maksum . 2011. Pedoman Dan Materi Pelatihan Mental Bagi Olahragawan. Jakarta: Kementerian Pemuda Dan Olahraga.
Gnarsah Singgih D. 2008. Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia.