SUMBER STRES AKADEMIK MAHASISWA PENJAS YANG MENULIS SKRIPSI DI UNIVERSITAS BENGKULU
Abstract
Stres akademik yang dialami oleh mahasiswa penjas yang sedang menyusun skripsi akan berdampak negetif terhadap perkembangan penyusunan skripsi. Oleh sebab itu, perlu diketahui sumber stres yang dialami oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sumber stress akademik saat menulis skripsi yang dialami oleh mahasiswa penjas Universitas Bengkulu pada tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 31 mahasiswa dengan sebaran sebanyak 10 mahasiswa perempuan dan 21 mahasiswa laki-laki yang diambil secara purposive. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen dan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan wawancara. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dari observasi menggambarkan bahwa sebagian besar mahasiswa tidak menjadikan komunikasi dengan dosen pembimbing, referensi, dan teman sebaya sebagai sumber stress. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sumber stres yang dihadapi oleh mahasiswa penjas saat menyusun skripsi adalah tuntutan orang tua untuk segera menyelesaikan skripsi (kategori rendah), lingkungan tempat tinggal yang tidak kondusif (kategori sangat rendah), beban skripsi yang dirasakan terlalu berat (kategori sangat rendah), teman sebaya yang tidak mendukung proses penyusunan skripsi (kategori sangat rendah), dan dosen pembimbing yang sulit untuk berdiskusi (kategori sangat rendah). sehingga dapat disimpulkan bahwa sumber stres yang paling dominan dirasakan oleh mahasiswa penjas saat menyusun skripsi di Universitas Bengkulu adalah adanya tuntutan orang tua.
References
Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi selama pandemi covid 19. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(1), 212-223.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan, 5(3), 143-148. https://doi.org/10.29210/119800
Dini, P. R., & Iswanto, A. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dan Teman Sebaya Dengan Tingkat Stres. Jurnal Ilmu Kebidanan Dan Kesehatan, 10(2), 88–97. https://jurnal.stikesbup.ac.id/index.php/jks/article/view/50
Gatari, A. (2020). Hubungan stres akademik dengan flow akademik pada mahasiswa. Cognicia, 8(1), 79–89. https://doi.org/10.22219/cognicia.v8i1.11739
Julianti, R., & Yulia, A. (2015). Hubungan Komunikasi Antara Mahasiswa Dan Dosen Pembimbing Skripsi Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa S 1 Keperawatan Stikes Ranah Minang Tahun 2015. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 57. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i2.5830
Moleong, L. J. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Narti, S. (2018). Pemanfaatan “Whatsapp” Sebagai Media Komunikasi Dosen Dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016 ). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448
Nopiyanto, Y. E., Arwin, A., Sutisyana, A., Yarmani, Y., & Kardi, I. S. (2022). Stress Level of Physical Education Students in Writing Thesis. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 216–221. https://doi.org/10.33369/jk.v6i2.21346
Norma, N., Widianti, E., & Hartiningsih, S. S. (2021). Faktor Penyebab, Tingkat Stres dan Dampak Stres Akademik pada Mahasiswa dalam Sistem Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(4), 625-634. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.v11i4.1656
Purwati, M., & Rahmandani, A. (2020). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 456-466. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21664
Ristianti, D. H. (2017). Analisis Hubungan Interpersonal Mahasiswa terhadap Dosen dalam Proses Bimbingan Skripsi. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 25. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i1.229
Saihu, M., & Abdushomad, M. A. (2021). Strategi Coping Stress Mahasiswa Dalam Penulisan Skripsi. Alim | Journal of Islamic Education, 3(1), 63–74. https://doi.org/10.51275/alim.v3i1.200
Septyari, N. M., Adiputra, I. M. S., & Devhy, N. L. P. (2022). Tingkat Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi pada Masa Pandemi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 11(1), 14. https://doi.org/10.36565/jab.v11i1.403
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmawati, S., Tarma, T., & Hasanah, U. (2018). Pengaruh Kelekatan Orangtua Terhadap Stres Coping pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi di Prodi Rumpun IKK, UNJ. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 65-69. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.06
Umriana, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. At-Taqaddum, 11(2), 186-233. : http://dx.doi.org/10.21580/at.v11i2.4566
Waghachavare VB, Dhumale GB, Kadam YR, Gore AD. A Study of Stress among Students of Professional Colleges from an Urban area in India. Sultan Qaboos Univ Med J. 2013 Aug;13(3):429-36. Epub 2013 Jun 25. PMID: 23984029; PMCID: PMC3749028
Wangid, M. ., & Sugiyanto. (2013). Identifikasi Hambatan Struktural Dan Kultural Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 19–28.
Yarmani, Y., Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Pujianto, D., Saputro, D. P., & Dongoran, M. F. (2022). Academic Stress Levels of Physical Education Students in Attending Odd Semester Classes 2021/2022. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.33369/jk.v6i1.18356
Yulia, P. C., Afrianti, H., & Octaviani, V. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dan Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Gejala Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 2(1). https://doi.org/10.37676/professional.v2i1.168