SURVEI KEAKTIFAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDLB JEPARA TAHUN 2012

Main Article Content

Muhammad Imam Majid Imam Majid Majid
Hermawan Pamot Rahardjo
Ipang Setiawan Setiawan

Abstract

Abstrak
Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti pembelajarn penjas di SDLB Jepara yang memiliki karakteristik berbeda dengan anak normal. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB Jepara tahun 2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode survei dengan lokasi penelitian di SDLB Jepara. Data penelitian dihimpun langsung melalui: (1) observasi dengan lembar kerja pengamatan, (2) wawancara, dan (3) pengumpulan dokumen. Bentuk analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan anak tunagarahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB Jepara tahun 2012 dapat dikatakan cukup, dari hasil yang diperoleh menunjukkan prosentase sebesar 51,34%. Hasil tersebut merupakan jumlah rata-rata dari tiga kali pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 29 Agustus, 3 September, dan 5 September dengan hasil 53,7%, 49,8%, dan 50,5%. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keaktifan anak dalam mengikuti pembelajaran penjas di SDLB Jepara, antara lain faktor intern dan ekstern anak tersebut
.
Abstract

The focus of this research is how the child’s mentally disabled level of activity in following pembelajarn SDLB penjas in Jepara which has different characteristics with normal children. Research objective is to determine the level of child’s mentally disabled in the activity followed SDLB teaching physical education in Jepara in 2012.
This research is a qualitative study, using a survey method with research sites in SDLB Jepara. The research data collected directly through: (1) observation by observation worksheet, (2) interviews, and (3) the collection of documents.
Forms of data analysis is descriptive analysis. The results showed that the level of activity in child’s mentally disabled follow SDLB teaching physical education in Jepara in 2012 can be considered, of the results obtained indicate a percentage of 51.34%. The results are the average number of observations made three investigators on August 29, September 3, and 5 September with the results of 53.7%, 49.8%, and 50.5%. There are several factors that influence the level of activity the child in learning to follow SDLB penjas in Jepara, among other internal and external factors of the child.

Article Details

Section
Articles