MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN GOBAG SODOR BOLA PADA PEMBELAJARAN BOLA TANGAN DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V PADA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Dewi Rosianah Rosianah
hermawan pamot rahardjo
Ipang Setiawan

Abstract

Abstrak
Gobag sodor  merupakan permainan tradisional dalam kategori permainan bola kecil disekolah, namun pada kenyataannya guru penjasorkes juga belum mengajarkan  permainan tradisional kepada peserta didiknya. Maka dari itu perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dan hasil pengembangnya yaitu model pengembangan permainan Gobag sodor bola. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 83,55% dengan kriteria sangat baik. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 63,06% dengan kategori cukup baik, dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 85,18% dengan kategori baik. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan gobag sodor bola dapat digunakan guru penjas sebagai permainan alternatif dalam  pembelajaran penjasorkes.
hasil baik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes.  Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
Abstract

Gobag Sodor is a traditional game in the category of small school football game, but in reality the teacher has not taught penjasorkes traditional games to the students. Thus the need for modifications in the learning process. This research method is the research, development and results of the model of development of the game developers Gobag Sodor ball. The procedures include analysis of product development product that will be developed, developing initial products, expert validation, and revision, testing and revision of the small group, large group and test the final product. The data was collected using field observations and questionnaires were obtained from the results of expert evaluation and student questionnaires. The data analysis technique used is descriptive percentages. From the test results obtained by the expert average percentage of product analysis of 83.55% with the criteria very well. Data results of the questionnaire students in small group trials obtained with an average percentage of 63.06% response by category quite well, and questionnaire data from a large group of students test answers obtained with the percentage of 85.18% to the good category. Based on survey data, it was concluded that the game ball gobag Sodor penjas teachers to use as an alternative game in physical education learning exercise and health.© 2012 Universitas Negeri Semarang

Article Details

Section
Articles