PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TENIS MEJA LANTAI DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VI SD PURI KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI

Main Article Content

Stevanus William Ardi
Uen Hartiawan
Agus Pujianto

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi siswa berkebutuhan khu    Latar belakang masalah adalah pemanfaatan lingkungan sekolah untuk pengembangan model pembelajaran tenis meja lantai. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah bentuk pengembangan model permainan tenis meja melalui pembelajaran tenis meja lantai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model pembelajaran tenis meja melalui permainan tenis meja lantai bagi siswa Sekolah Dasar.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi para ahli, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan  kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa.
Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 66.7% (baik), ahli pembelajaran I 86,67% (baik). Uji coba kelompok kecil 73.33% (baik), dan uji lapangan 88.12 % (baik).
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan model pembelajaran tenis meja melalui permainan tenis meja lantai ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Abstract

The background ofthe problemis theuse ofenvironment for the development offour models oflearning table tennis. The method of research is the development of a model refers to the development of Borg & Gallhas been modified, namely: (1) a preliminary investigation and information collection, (2) develop initial product form, (3)evaluation of the experts by using a nexpert penjas and two expertlearning, and small group testing, (4)the first product revision, the revision of the product based on the results of expert evaluation and testing of a small group, (5) field tests, (6)the revision of the final product based on the results offield tests, (7)the results of the final model of learning through play table tennis floor generated through field test revision. The data was collected using a question naire derived frome xpert evaluation, small group testing, and field testing. From the test results obtained by the expertevaluation data, expert penjas 66.7%(good), a lesson I86.67%(good). Testing small groups 73.3% (good), and field test 88.125% (good). Based on the above results, it is expected for Physical Education teachers in elementary schools to use the product model of learning table tennis by playing table tennis in the student’s six teaching Physical Education, Sport and Health.

Article Details

Section
Articles