PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN AEROBIK MELALUI PERMAINAN LARI BERGANDENG DENGAN MUSIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 GUNUNGPATI TAHUN AJARAN

Main Article Content

Anjar Prasetyo
Uen Hartiwan
Rumini ;

Abstract


ABSTRAK
Pembelajaran atletik masih diajarkan dalam bentuk pembelajaran yang masih kurang inovatif. Maka dari itu perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dan hasil pengembangnya yaitu model pengembangan permainan lari bergandeng dengan musik. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 91,11% dengan kriteria sangat baik. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 89,72% dengan kategori baik, dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 91,89% dengan kategori baik. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan lari bergandeng dengan musik dapat digunakan guru penjas sebagai permainan alternatif dalamĀ  pembelajaran penjasorkes.

ABSTRAC
Learning athletics are taught in the form of learning that is less innovative. Thus the need for modifications in the learning process. This research method is the research, development and results of the model of development of game developers run coupled with music. The procedures include analysis of product development product that will be developed, developing initial products, expert validation, and revision, testing and revision of the small group, large group and test the final product. The data was collected using field observations and questionnaires were obtained from the results of expert evaluation and student questionnaires. The data analysis technique used is descriptive percentages. From the test results obtained by the expert average percentage of product analysis of 91.11% with the criteria very well. Data results of the questionnaire students in small group trials obtained an average percentage of 89.72% response with good category, and questionnaire data from a large group of students test answers obtained with the percentage 91.89% good category. Based on survey data, it was concluded that the running game coupled with penjas teachers to use music as an alternative to learning phisycal education game

Article Details

Section
Articles