MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN TIGA RING PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 LEKSONO

Main Article Content

Imam adi Permono
Uen Hartiawan
Supriyono ;

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall, yaitu: (1) Melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) Mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan bola basket dengan tiga ring). (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, . (4) Revisi produk pertama. (5) Uji coba lapangan. (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan. (7) Hasil akhir model pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Leksono kabupaten Wonosobo tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dari kelas VIII yang terdiri dari enam kelas, diambil satu kelas secara acak dipilih sebagai kelas penelitian. . Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 98,60 % (sangat baik), ahli pembelajaran I  96,00 % (sangat baik), ahli pembelajaran II  94,60 % (sangat baik), uji coba kelompok kecil 86,81 % (baik), dan uji coba lapangan 91,46 % (sangat baik).
Abstract
The study refers to the development of a model of development Borg & Gall, namely: (1) Conduct preliminary research and collection of information, including field observations and literature review. (2) Develop initial product form (the form of regulation basketball game with three rings). (3) Evaluation of the experts by using the experts and two experts penjas learning, and small group trials, using questionnaires and consultation and evaluation which is then analyzed. (4) Revision of the first product. (5) The field trials. (6) Revision of the final product based on the results of field trials. (7) The final result of the learning model. The subjects were all students of class VIII SMP N 1 Leksono Wonosobo district academic year 2012/2013. Sampling in this study using random sampling techniques, from class VIII consists of six classes, one class is taken randomly selected as a first-class research. The data was collected by questionnaires and evaluation sheets. The data analysis technique used is descriptive analysis techniques percentage. While the data in the form of suggestions and reasons for choosing the answers were analyzed using qualitative analysis techniques.
From the test results obtained by the expert evaluation data, expert penjas 98.60% (excellent), a lesson I 96.00% (excellent), a learning II 94.60% (excellent), a small group of 86 trials , 81% (good), and field-testing 91.46% (excellent).

Article Details

Section
Articles