PENDEKATAN MEDIA AUDIO VISUAL SENAM LANTAI ROLL DEPAN DAN ROLL BELAKANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PENJASORKES SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTA SEMARANG TAHUN 2012 / 2013

Main Article Content

Pertiwi Setia Rini
Tri Nurharsono

Abstract


Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini
adalah : Bagaimana Penggunaan Media Video Visual untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai pada roll depan dan roll belakang pada kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas VII B SMP Negeri 2
Kota Semarang yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian dalam dua siklus. Siklus pertama diberikan kusioner pengetahuan tentang senam lantai roll depan dan roll belakang dan guru memberikan materi ajar senam lantai roll depan dan roll belakang kepada siswa, Pada siklus kedua diberikan media video visual tentang senam lantai roll depan dan roll belakang kepada siswa. Hasil evaluasi dan refleksi keseluruhan disiklus pertama dan kedua. Pada siklus kedua memperoleh hasil ketuntasan belajar siswa 88% dan rata-rata kelas 79. Dan tingkat keberhasilan disiklus pertama yang hanya memperoleh ketuntasan belajar 36% dan rata-rata kelas 65. Peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu 52%.

Abstract
The Problem in this study are : how to use visual media to enhance learning outcomes gymnastic floor to roll forward and roll back the class VII in Junior High School 2 Semarang City. This research methd is action research “with research subjects is class VII B at Junior High School 2 Semarang City. Which consisting of 25 students. Research conducted in two cycle is given kusioner knowledge of gymnastic floor roll forward and roll back and teaching materials gymnastic floor roll forward and roll back to the students. On second cycle given video media visual gymnastics floor roll forward and roll back to the students. Overall evaluation and reflection on the first and second cycle students gain mastery learning outcomes as 88% and the average grade 79. And the success rate in the first cycle of mastery learning only gained 36% and the average grade 65. Increase from the first cycle to the second is 52%.







Article Details

Section
Articles