PEMBELAJARAN PENJASORKES MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS VIII DALAM MEMPELAJARI BOLA VOLI DI SMP N 1 BOJA TAHUN AJARAN 2012

Main Article Content

Rudy Yulianto

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media video terhadap motivasi siswa kelas VIII dalam mempelajari bola voli di SMP N 1 Boja dan untuk mengetahui perbedaan motivasi siswa kelas VIII dalam mempelajari bola voli sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan media video. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N I Boja yang berjumlah 170 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 31 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian ini ada 2, variabel bebas yaitu pembelajaran penjasorkes menggunakan media video dan variabel terikat yaitu minat siswa kelas VIII mempelajari bola voli. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis uji t atau t-test. Dari analisis kelima indikator motivasi mempelajari bola voli siswa diatas, dapat disimpulkan bahwa motivasi mempelajari bola voli siswa kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok control. Peningkatan presentase motivasi mempelajari bola voli siswa kelompok eksperimen (0,7%) lebih tinggi dari kelompok kontrol (0,41%). Dimana indikator motivasi dan cita-cita menunjukkan persentase minat mempelajari bola voli paling besar di antara indikator-indikator lain, yaitu sebesar 0,7%. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini yaitu, pembelajaran dengan media video berpengaruh terhadap minat siswa mempelajari bola voli di SMP N 1 Boja Tahun 2012.
Abstract

This study aimed to determine the effect of learning with video media to motivate eighth grade students in learning volleyball in SMP N 1 Boja and to determine differences in class VIII student motivation in learning volleyball before and after learning using video media. The population of this research is all eighth grade students in junior NI Boja totaling 170 students. Samples were taken with a random sampling technique and produce samples as many as 31 students as the experimental group and 31 students as a control group. The variables in this study there are two, independent variable penjasorkes learning using video media and the dependent variable is a class VIII student interest in learning volleyball. Furthermore, the data were analyzed using t test analysis or t-test. From the analysis of the five indicators of students ‘motivation to learn volleyball above, it can be concluded that students’ motivation to learn volleyball experimental group is greater than in the control group. Increasing the percentage of students motivation to learn volleyball experimental group (0.7%) higher than the control group (0.41%). Where is the indicator of motivations and ideals of the percentage interest in studying the greatest volleyball among other indicators, ie by 0.7%. The conclusion that can be drawn from these results is, learning with video media influence on students’ interest in learning volleyball SMP N 1 Boja 2012

Article Details

Section
Articles