PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN AKTIVITAS LUAR KELAS DALAM MENINGKATAN MINAT BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI 01 UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

Main Article Content

Wahyu Setya Kurniawan

Abstract

Abstrac

Problem that inspected in this scription is does learning model of outdoor activity that matched with grade V students characteristic and their equipments can be used to grade V students in SD Negeri 01 Ungaran Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. This research purpose is to incrase studying interest so that can make students aren’t bored when they studying Penjasorkes for grade V SD Negeri 01 students in Ungaran. Expert evaluation file (one penjas specialist and two penjasorkes teachers) get answered for bad category 0%, less 0%, good enough 26,7%, good 50%, very good 23,3%. Sphere  test questioner students result get answered for bad category 0%, less 0%, good enough 30%, good 46,7%, and very good 23,3%. From that result conclude that outdoor learning development model can reach 75,5%. So result of effective development in penjasorkes learning grade V SD Negeri in Ungaran.Suggestion for SD Negeri Penjasorkes teachers in Ungaran can use this learning development model and make new variations in penjasorkes learning.

ABSTRAK
Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah apakah model pembelajaran permainan aktivitas luar kelas yang disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas V dan disesuaikan dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada dapat diterapkan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ungaran Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar agar tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SD Negeri di Ungaran. Data evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua guru penjasorkes SD) diperoleh jawaban untuk kategori tidak baik 0%, kurang baik 0%, cukup baik, 26,7%, baik 50%, dan sangat baik 23,3%. Data uji lapangan hasil kuesioner siswa diperoleh jawaban untuk kategori tidak baik 0%, kurang baik 0%, cukup baik 30%, baik 46,7%, dan sangat baik 23,3%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran permainan aktivitas luar kelas, mencapai rata-rata 75,5%. Sehingga hasil pengembangan efektif dalam pembelajaran penjasorkes kelas V SD Negeri di Ungaran. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SD Negeri di Ungaran bisa memanfaatkan model pengembangan model pembelajran ini dan dapat menambahkan variasi-variasi lain dalam pembelajaran penjasorkes.

Article Details

Section
Articles